Kompas.com - 10/05/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi salad sayur Unsplash/ Ive ErhardIlustrasi salad sayur

KOMPAS.com - Salad merupakan salah satu olahan makanan sehat yang terdiri dari vitamin, protein dan karbohidrat.

Pada acara Virtual Ngabuburit Tokopedia, Jumat (7/5/2021), pemilik usaha Serasa Salad Bar Fitriani Rahmah mengatakan bahwa kunci dari salad segar adalah sayuran yang bersih dan kering.

Fitriani berpendapat jika menyimpan sayuran selama dua hingga tiga hari membuat sayuran tersebut jadi busuk maka ada yang salah pada teknik penyimpanannya.

Baca juga: Resep Salad Sayur ala Jepang, Pakai Saus Bawang

Menurutnya, menyimpan sayuran yang basah berpotensi membuat sayuran lebih cepat lembek bahkan basi.

Oleh karena itu, Fitriani menuturkan bahwa penting untuk mencuci sayuran sebelum menggunakannya sebagai bahan pembuatan salad.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelahnya, pastikan sayuran kering dengan menggunakan mesin pengering atau keringkan secara manual.

Cara lain untuk menyimpan bahan salad adalah dengan memisahkan bahan satu dan lainnya.

Baca juga: Cara Simpan Salad Sayur yang Benar, Pisahkan dari Sausnya

"Sebaiknya setiap bahan sayuran tuh habis belanja jangan langsung dimasukkan dalam plastik ya. Nah, itu karena satu sama lain harusnya gak bersatu," ujar Fitriani. 

Jika membersihkan dan memisahkan bahan salad masih belum berhasil membuat sayuran awet, kamu bisa coba teknik food wrap.

Setelah mencuci bersih dan mengeringkan sayuran, simpan sayur dalam wadah tertutup dan beri kain pada bagian bawah wadah.

Menyimpan sayuran dengan cara ini bisa membuat sayuran segar hingga satu minggu. Bahkan untuk beberapa sayuran seperti wortel dan brokoli bisa tahan hingga dua minggu.

Baca juga: Resep Salad Buah Tanpa Yoghurt, Ganti dengan Saus Kurma



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X