Kompas.com - 21/04/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi kue kering yang sering hadir saat Lebaran. Dok. Shutterstock/Rido FadilahIlustrasi kue kering yang sering hadir saat Lebaran.


KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung dua kali Ramadhan.

Selama pandemi ini salah satu bisnis yang mengalami peningkatan dari segi penjualan adalah bisnis kue kering.

“Justru saat pandemi ini saya merasakan kenaikan," kata owner Enaz Cookies Eny Kurniawati ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Eny mengatakan ia harus menutup pemesanan kue kering, padahal baru satu minggu puasa. Sebab, pemesanan kue kering sudah mencapai 700 stoples. 

Baca juga: Jenis Tepung Terigu untuk Kue Kering, Penting agar Kue Tidak Keras

Jumlah pemesanan tersebut, disebutkan Eny meningkat sekitar 100 stoples dari 2020 lalu. Saat itu ia menerima pemesanan sekitar 600 stoples kue kering.

Eny memang hanya berjualan kue kering saat Ramadhan saja. Sementara pada hari-hari biasa, ia lebih banyak menjual aneka cake melalui akun Instagramnya @enazcookies.

Jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi, kenaikan pemesanan kue kering ini dirasakan Eny sangat signifikan.

Peningkatan pemesanan kue kering bahkan mencapai dua kali lipat.

Baca juga: Tips Mulai Usaha Kue Kering, Tak Perlu Modal Besar

Ilustrasi kue kering dalam stoples kaca. PIXABAY/ RitaE Ilustrasi kue kering dalam stoples kaca.

Sebelum pandemi Covid-19, jumlah pemesanan kue kering yang Eny terima paling hanya sekitar 250-300 toples saja.

Salah satu alasan peningkatan ini menurut Eny adalah karena banyak orang yang tidak bisa bepergian untuk pulang kampung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X