Kompas.com - 20/04/2021, 03:12 WIB
Ilustrasi seseorang memanaskan oven. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi seseorang memanaskan oven.

KOMPAS.com - Selesai membuat adonan adn mencetak kue kering, proses selanjutnya adalah memanggang kue.

Umumnya orang Indonesia membuat kue kering dengan alat oven, oven tangkring (oven masak dengan kompor), atau teflon.

Menurut Pastry Chef Disy Ery Braswito suhu panggang kue kering berpengaruh pada keberhasilan kue kering. Bisa dibilang salahs atu kunci membuat kue kering anti gagal.

"Misalnya oven kompor nih, kita harus tahu ini panasnya seberapa. Kalau kita lihat di hotel kan sudah ada digitalnya, ini 180 derajat celsius," ujar Disy ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: 6 Tips Bikin Nastar Pakai Oven Tangkring, Anti Retak dan Tidak Gosong

Pengguna oven kompor atau oven tangkring biasanya menggunakan indra peraba (tangan) untuk mengetahui tingkat kepanasan oven.

Alternatifnya, ia menyarankan untuk menggunakan termometer khusus memasak untuk mengukur suhu oven.

Selain itu, Disy juga menyebut kamu bisa menggunakan thermometer gun yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh di masa pandemi ini.

Aneka kue kering.DOK. SHUTTERSTOCK Aneka kue kering.

“Bisa karena itu kan pakai inframerah. Tembak saja dari luar (oven). Sebenarnya itu kita sudah pakai juga untuk cokelat temper,” imbuh Disy.

Disy biasa menggunakan suhu 180 derajat Celcius untuk memanggang kue kering.

Sementara Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan, biasanya menyetel suhu oven untuk memanggang kue kering sekitar 150-160 derajat Celcius.

Baca juga: Apa Fungsi Tepung Maizena pada Nastar dan Kue Kering Lain?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X