Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Dimasak, Berikut 3 Sup Korea Halal untuk Hidangan Buka Puasa

Kompas.com - 20/04/2021, 11:48 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain nasi, sup merupakan hidangan yang cukup digemari masyarakat di Korea Selatan (Korsel). Sup Negeri Ginseng ini biasanya terbuat dari berbagai macam daging, ikan dan sayuran.

Seringkali, hidangan sup disajikan selama musim dingin untuk dimakan dengan nasi hangat. Namun, kini sup dapat dinikmati kapan saja bersama kimchi atau lauk-pauk lainnya.

Sama halnya ketika Ramadhan. Apabila ingin menyantap menu hangat nan istimewa untuk keluarga, tidak ada salahnya mencoba menu baru berupa olahan sup khas Korsel.

Di samping murah dan halal, berbagai sup khas Korsel dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di banyak supermarket di Indonesia.

Baca juga: Mengenal 8 Sup Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor

Penasaran apa saja? Berikut tiga jenis sup Korea yang dapat dimasak dengan bahan-bahan halal, seperti dilansir dari Koreaportal.com, Sabtu (17/4/2021).

1. Dak Kalguksu

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ??????? ????? (@hennie_yum)

 

Dak kalguksu adalah sup dengan bahan utama mie gandum dan ayam. Sup ini sangat ideal bagi mereka yang sedang tidak enak badan atau dalam masa pemulihan dari penyakit.

Selain dimakan di kala sakit, beberapa orang Korea menyantap dak kalguksu sebagai makanan untuk diet ringan.

Untuk membuat dak kalguksu di rumah, kamu hanya membutuhkan setengah kilo dada ayam, air, beberapa siung bawang putih dan bawang bombai.

Baca juga: Resep Dak Kalguksu, Mi Potong dengan Kaldu Ayam ala Korea

Kemudian, tepung terigu untuk membuat adonan mie, kentang, zucchini (dipotong seperti bentuk korek api), daun bawang, minyak wijen, garam, lada hitam bubuk serta saus ikan.

Untuk cara pengolahannya, rebus dada ayam, bawang bombai dan bawang putih hingga mendidih (kurang lebih 1 jam).

Setelah satu jam, tambahkan gula, garam dan lada hitam secukupnya, lalu cicipi kuah kaldu. Apabila rasa sudah sesuai, pisahkan ayam dari kuah kaldu dan suwir-suwir daging sesuai selera.

Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu. Caranya pisahkan bawang putih dan bawang bombai dari kuah kaldu.

Baca juga: Resep Sup Ikan Mas Kuah Bening, Bentuk Bola-bola

Kemudian, haluskan bawang tersebut dan tambahkan gula, garam, lada hitam, saus ikan. Masukkan ayam suwir ke bumbu bawang, lalu aduk rata.

Selanjutnya, membuat taburan. Ambil zucchini dan kentang yang sudah dipotong-potong, kemudian taburkan garam secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com