Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah Dimasak, Berikut 3 Sup Korea Halal untuk Hidangan Buka Puasa

KOMPAS.com - Selain nasi, sup merupakan hidangan yang cukup digemari masyarakat di Korea Selatan (Korsel). Sup Negeri Ginseng ini biasanya terbuat dari berbagai macam daging, ikan dan sayuran.

Seringkali, hidangan sup disajikan selama musim dingin untuk dimakan dengan nasi hangat. Namun, kini sup dapat dinikmati kapan saja bersama kimchi atau lauk-pauk lainnya.

Sama halnya ketika Ramadhan. Apabila ingin menyantap menu hangat nan istimewa untuk keluarga, tidak ada salahnya mencoba menu baru berupa olahan sup khas Korsel.

Di samping murah dan halal, berbagai sup khas Korsel dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di banyak supermarket di Indonesia.

Penasaran apa saja? Berikut tiga jenis sup Korea yang dapat dimasak dengan bahan-bahan halal, seperti dilansir dari Koreaportal.com, Sabtu (17/4/2021).

1. Dak Kalguksu

Dak kalguksu adalah sup dengan bahan utama mie gandum dan ayam. Sup ini sangat ideal bagi mereka yang sedang tidak enak badan atau dalam masa pemulihan dari penyakit.

Selain dimakan di kala sakit, beberapa orang Korea menyantap dak kalguksu sebagai makanan untuk diet ringan.

Untuk membuat dak kalguksu di rumah, kamu hanya membutuhkan setengah kilo dada ayam, air, beberapa siung bawang putih dan bawang bombai.

Kemudian, tepung terigu untuk membuat adonan mie, kentang, zucchini (dipotong seperti bentuk korek api), daun bawang, minyak wijen, garam, lada hitam bubuk serta saus ikan.

Untuk cara pengolahannya, rebus dada ayam, bawang bombai dan bawang putih hingga mendidih (kurang lebih 1 jam).

Setelah satu jam, tambahkan gula, garam dan lada hitam secukupnya, lalu cicipi kuah kaldu. Apabila rasa sudah sesuai, pisahkan ayam dari kuah kaldu dan suwir-suwir daging sesuai selera.

Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu. Caranya pisahkan bawang putih dan bawang bombai dari kuah kaldu.

Kemudian, haluskan bawang tersebut dan tambahkan gula, garam, lada hitam, saus ikan. Masukkan ayam suwir ke bumbu bawang, lalu aduk rata.

Selanjutnya, membuat taburan. Ambil zucchini dan kentang yang sudah dipotong-potong, kemudian taburkan garam secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

Kemudian, tumis zucchini dengan dua sendok makan minyak wijen (jangan sampai layu).

Apabila taburan zucchini selesai dimasak, kamu harus merebus mie kering. Untuk mie, kamu dapat membeli dalam bentuk kemasan atau membuatnya adonan mie dari tepung terigu yang diuleni terlebih dahulu.

Terakhir, jika mie sudah direbus, maka tiriskan dan segera siram dengan air es. Selanjutnya, tata mie di mangkuk dan tambahkan ayam suwir serta taburan sayur.

Setelah itu, tuang kuah kaldu ke dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat.

Apabila tidak ingin repot menyiapkan bahan-bahan, maka kamu bisa membeli dak kalguksu dalam bentuk instan di marketplace kepercayaan.

2. Honghap Miyeokguk

Bagi kamu yang menginginkan olahan seafood, maka honghap miyeokguk adalah pilihan yang sangat tepat. Sup kerang rumput laut ini memiliki kombinasi terbaik gurih rumput laut dan kerang yang disajikan saat panas.

kamu bisa membuat honghap miyeokguk di rumah dengan bahan-bahan halal, antara lain rumput laut kering, kerang segar, beberapa siung bawang putih, air, kecap ikan, minyak wijen, garam, tauco Korea dan daun bawang.

Untuk cara memasaknya, kamu harus merendam kerang dengan air garam selama 30 menit untuk menghilangkan pasir dan bau amis.

Kemudian, rebus kerang dan masukkan potongan bawang bombai, lalu aduk sampai kerang matang (terbuka).

Selanjutnya, masukkan tauco Korea yang sudah dilarutkan dengan air panas. Kemudian, tambahkan kecap ikan, minyak wijen, garam dan bawang putih.

Terakhir, masukkan rumput laut yang dipotong-potong, lalu tambahkan daun bawang. Angkat dan sajikan sup dalam mangkuk dengan potongan rumput laut kering di atasnya.

Namun, apabila kamu tidak punya banyak waktu untuk memasak, bisa membeli sup ini yang dijual instan di berbagai marketplace di Indonesia.

Tak kalah lezat dari sup racikan sendiri, honghap miyeokguk instan bisa ditambahkan potongan kerang segar yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

3. Toran guk

Toran guk adalah sup talas lembut dengan kombinasi kaldu pedas dan gurih serta daging empuk bagian punggung sapi. Sup ini bahkan menjadi primadona di antara sup-sup nikmat Korsel lainnya.

Apabila tertarik membuat sup ini, kamu hanya membutuhkan talas kupas, sandung lamur yang diiris sesuai selera, beberapa siung bawang putih, kecap ikan, garam, bubuk biji perilla, air dan daun bawang.

Untuk cara memasak toran guk, langkah pertama, rebus talas selama 10 menit di atas api sedang.

Apabila sudah direbus, maka dinginkan dan kupas talas. Kemudian, potong talas menjadi beberapa irisan sesuai selera.

Kedua, rebus enam gelas air dalam panci dengan api sedang. Saat air mulai mendidih, tambahkan daging sapi dan bawang putih. Kemudian, tutup panci dan diamkan selama 10 menit.

Ketiga, tambahkan talas kupas, kecap ikan, bawang putih dan garam ke dalam panci. Tutup kembali dan biarkan selama 20 menit lagi.

Kemudian, masukkan bubuk biji perilla ke dalam saringan dan tekan dengan sendok agar terserap ke dalam kaldu. Sup akan menjadi sedikit berwarna keruh seperti susu.

Keempat, tambahkan daun bawang dan masak selama satu menit lagi. Apabila sudah matang, kamu dapat menyajikannya dengan nasi dan kimchi.

https://www.kompas.com/food/read/2021/04/20/114800775/mudah-dimasak-berikut-3-sup-korea-halal-untuk-hidangan-buka-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke