Kompas.com - 16/04/2021, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Buat kamu penggemar berat kolak pisang dan ingin coba membuatnya di rumah. Sebaiknya ketahui dulu, jenis pisang yang cocok untuk kolak.

Pisang yang memiliki tekstur lembek atau rasa yang sepat bisa membuat kolak menjadi tidak lezat. Ketahui jenis pisang untuk kolak berikut agar tidak salah pilih.

Baca juga: Resep Kolak Ubi Empuk, Ide Menu Takjil Manis

1. Pisang tanduk

Dilansir artikel Kompas.com yang tayang pada Minggu (26/04/2020), Chef Solihin, Corporate Pastry Chef Group Warung pasta, Locarasa & NUSA Indonesia Gastronomi, membeberkan jenis pisang apa saja yang cocok dijadikan isian kolak.

“Pilih jenis pisangnya terlebih dahulu yang cocok itu yang tekstur pisangnya yang tidak mudah hancur, contohnya pisang tanduk,” terang Chef Solihin.

Baca juga: Jenis Pisang yang Cocok untuk Kolak

2. Pisang kepok

Ilustrasi Kolak PisangAmalliaEka Ilustrasi Kolak Pisang

Selain pisang tanduk, jenis pisang yang cocok untuk kolak adalah pisang kepok.

Pisang kepok memiliki tektur yang keras, tapi lembut di bagian dalamnya. Jenis pisang ini cocok untuk kolak karena tidak mudah lembek.

Namun, pastikan untuk memilih pisang kepok kuning untuk kolak. Pasalnya, pisang kepok putih memiliki rasa kelat seperti rasa salak mentah.

Baca juga: Resep Kolak Kolang-kaling, Segar untuk Takjil Hari Ini

3. Pisang nangka

Kolak pisang tanpa santan.Dok. Shutterstock/Rani Restu Irianti Kolak pisang tanpa santan.

Pisang nangka bisa kamu tambahkan dalam sepanci kolak pisang.

Tekstur dari pisang nangka cenderung keras sehingga tidak mudah lembek saat dimasak dengan kuah kolak.

Baca juga: Resep Kolak Pisang Tanpa Santan, Alternatif Takjil Rendah Lemak

4. Pisang raja

Pisang raja menjadi salah satu jenis pisang yang bisa dijadikan isian kolak. Rasa dari pisang raja manis sehingga cocok untuk dimakan langsung.

Namun, kamu bisa mengolahnya menjadi kolak yang lezat. Kamu bisa mengkreasikan isian kolak dengan pisang raja bakar agar rasanya lebih legit dan getahnya hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.