Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2021, 17:37 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Kurma manis menjadi incaran selama Ramadhan, baik untuk sahur maupun takjil. Namun, manis kurma tak selamanya alami, ada juga kurma yang diberi pemanis tambahan.

Tampilan kurma manis alami dengan buatan sekilas mirip, warnanya coklat.

Mengutip Kompas.com, pakar kurma dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MSc., menyampaikan cara membedakan kurma manis alami dengan kurma manis buatan.

Baca juga: Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Membedakan Kurma Manis Alami dan Manis Buatan

Beda tekstur kurma manis alami dengan manis buatan

Sudarsono menyampaikan, kurma dari Timur Tengah dan Afrika Utara tidak diproses sebagai manisan. Kurma tersebut segar dan alami.

Ada pula kurma yang telah diproses dengan menambahkan cairan gula, sehingga rasa manisnya tidak alami.

Ilustrasi kurma segar dijual di pasar. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.SHUTTERSTOCK/ALEKS333 Ilustrasi kurma segar dijual di pasar. Cara menyimpan kurma harus tepat supaya buah ini bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun.

 

“Ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa kurma asal Pakistan merupakan kurma yang telah diproses dengan menambahkan cairan gula sehingga rasa manisnya sudah tidak alami lagi,” ujar Sudarsono melansir Kompas.com, Rabu (29/3/2020).

Tekstur kurma yang manis alami dengan manis buatan berbeda. Kurma alami biasanya lebih keras dan padat, sedangkan kurma manis buatan lebih lunak.

Pasalnya, perlu proses pemanasan buah untuk menambahkan cairan gula ke dalam jaringan kurma. Proses inilah yang membuat kurma yang diberi pemanis tambahan terasa lunak.

Rasa manis kurma manis alami dengan buatan

Manis kurma alami terasa bukan hanya di permukaan buah melainkan juga sampai di dalam jaringan buah.

Sementara, kurma yang diberi tambahan pemanis biasanya rasa manisnya tidak masuk dan meresap seluruhnya sampai ke dalam jaringan buah. Sebagian gula berada di permukaan kurma saja.

Baca juga: Resep Brownies Kurma Panggang, Hidangan Takjil Kekinian

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com