Kompas.com - 12/04/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi omelet di atas piring saji yang ditata menarik. SHUTTERSTOCK/WISNU YUDOWIBOWOIlustrasi omelet di atas piring saji yang ditata menarik.

KOMPAS.com - Bosan dengan sajian telur dadar yang hanya dimasak dengan garam dan tepung? Kalau iya, kamu perlu tau ada 15 bahan makanan yang bisa dicampurkan dengan telur dadar.

Pastinya, bahan makanan ini menambah nilai gizi dari sajian telur dadar enak buatanmu. Bukan hanya nilai gizinya saja, tapi juga membuat volume telur dadar menjadi lebih tebal dan padat.

Simak, bahan makan untuk telur dadar sederahan berikut. Di antaranya, ada kentang dan jamur.

Baca juga: 15 Bahan Makanan Alami Pengganti Mecin, Bikin Masakan Lebih Umami

1. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam mengandung asam folat yang bisa memengaruhi suasana hati manusia.UNSPLASH/Louis Hansel @shotsoflouis Sayuran hijau seperti bayam mengandung asam folat yang bisa memengaruhi suasana hati manusia.

Bayam merupakan sayuran hijau yang terkenal kaya akan nutrisi dan vitamin. Selain enak diolah menjadi sayur bening, bayam bisa kamu tambahkan di adonan telur dadar.

Cara membuat telur dadar bayam terbilang mudah. Kocok telur hingga berbuih, tuang di wajan anti lengket dan masukkan bayam yang sudah diambil daunnya saja.

Tambahkan dengan garam dan merica agar rasanya lebih lezat.

2. Brokoli

Ilustrasi brokoli mentahSHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi brokoli mentah

Masih punya sisa brokoli? Simpan dengan tepat dan gunakan kembali menjadi campuran telur dadar yang lezat.

Iris dan buang bagian batang brokoli. Campurkan ke dalam kocokan telur dan masak di atas wajan. Pastikan untuk mengatur api kompor kecil agar brokoli dan telur matang bersamaan.

Baca juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Terkenal Pedas

3. Jamur

Ilustrasi jamur kancing atau champignon. SHUTTERSTOCK/SRI WIDYOWATI Ilustrasi jamur kancing atau champignon.

Ada banyak jenis jamur yang bisa dimakan, tapi yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket di antaranya ada jamur kuping, jamur tiram, hingga jamur enoki.

Apapun jenis jamurnya, iris tipis jamur dan tambahkan dengan adonan telur dadar yang sudah dituang di wajan.

Jangan lupa untuk selalu menaburkan bumbu atau penyedap rasa untuk menambah lezat masakan.

4. Tomat

Tomat merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi apapun, mulai dari tambahan sop yang menghangatkan hingga minuman menyegarkan.

Kali ini, kamu bisa menambahkan potongan dadu tomat merah dalam telur dadar enak untuk menu sarapan.

5. Keju

Kreasi telur dadar enak selanjutnya bisa kamu tambahkan dengan keju.

Parutan keju bisa kamu campurkan langsung di dalam telur kocok atau adonan telur dadar yang sudah dimasak di atas wajan.

Biar lebih menarik, tambahkan keju mozzarella untuk hasil telur dadar yang molor menggiurkan.

Baca juga: 7 Bahan Makanan Penambah Imunitas Tubuh, Ada Jahe dan Bawang Putih

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X