Kompas.com - 03/04/2021, 16:56 WIB
Ilustrasi - bahan pembuatan dashi antara lain seperti konbu, bonito, katsuoboshi, jamur shiitake, dan lainnya. ShutterstockIlustrasi - bahan pembuatan dashi antara lain seperti konbu, bonito, katsuoboshi, jamur shiitake, dan lainnya.


KOMPAS.com – Umami adalah salah satu kelompok rasa dasar selain manis, pahit, asin, dan asam.

Rasa ini ditemukan oleh seorang bernama Profesor Kikunae Ikeda pada 1908. Biasanya rasa umami bisa dihasilkan dengan menambahkan MSG atau mecin dalam makanan.

Dilansir Reader’s Digest, rasa umami bisa dideskripsikan sebagai rasa gurih yang tebal dan memiliki rasa seperti daging. Umami sendiri memiliki arti, rasa gurih yang nikmat.

Baca juga: Apa itu Rasa Umami? Apa Bedanya dengan Rasa Asin?

Menurut chef dan penulis buku Mareya Ibrahim, rasa umami muncul akibat adanya zat bernama asam amino glutamat.

Asam amino glutamat ini terkandung dengan jumlah cukup besar dalam banyak protein hewani maupun nabati, menurut Director of Science Communication in International Food Information Council Foundation Megan Meyer.

“Banyak makanan juga mengandung sedikit glutamat ‘bebas’, biasanya dalam bentuk sodium gulatamat, monosodium glutamat atau MSG. Glutamat ini memberikan rasa umami pada makanan-makanan tersebut,” tambah Meyer.

Tak melulu menggunakan tambahan MSG, untuk mendapatkan rasa umami.

Dengan memilih beberapa bahan berikut dilansir dari Healthline dan Reader’s Digest, kamu bisa mendapatkan rasa umami yang kaya secara alami.

Baca juga: Apa Itu MSG? Samakah dengan Mecin?

Ilustrasi tiram. PIXABAY/YING-PIN PAO Ilustrasi tiram.

1. Hasil laut

Banyak sekali hasil laut yang kaya akan komponen umami.

Hasil laut biasanya mengandung glutamat dan inosinat, yang juga dikenal sebagai disodium inosinat. Inosinat adalah komponen umami lainnya yang sering digunakan sebagai zat penguat rasa.

Hasil laut yang kaya akan glutamat dan inosinat di antaranya adalah sarden kering, serpihan ikan bonito, ikan bonito, tuna, ikan ekor kuning, sarden, tiram, makarel, ikan kod, udang, ikan teri, dan kerang.

Glutamat dan disodium inosinat punya efek sinergi satu sama lain, yang meningkatkan keseluruhan rasa makanan yang mengandung kedua zat tersebut.

Itu jadi salah satu alasan banyak chef memasangkan kedua zat itu ke dalam satu makanan.

Ilustrasi daging baconDok. Shutterstock Ilustrasi daging bacon

2. Daging

Daging-dagingan memiliki rasa umami yang kaya. Seperti hasil laut, daging juga memiliki glutamat dan inosinat yang tinggi.

Daging bacon, ham yang dikeringkan, daging babi, daging sapi, dan daging ayam, misalnya.

Baca juga: Apa Itu Peringkat Daging Wagyu Jepang? Ada A5 MB 12 Nilai Sempurna

Daging yang sudah dikeringkan, diawetkan, atau diproses sebelumnya biasanya akan memiliki kandungan asam glutamat yang lebih tinggi daripada daging segar.

Pengawetan yang dilalui daging akan memecah protein dan melepaskan asam glutamat.

3. Telur ayam

Telur ayam, khususnya bagian kuningnya juga adalah sumber rasa umami. Bagian kuningnya memiliki kandungan 10-20 miligram glutamat per 100 gram.

Baca juga: 6 Tipe Telur Ayam di Pasaran, dari Cage-Free sampai Pasteurized

Ilustrasi tomat yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahariPixabay/congerdesign Ilustrasi tomat yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari

4. Tomat

Tomat adalah salah satu tanaman terbaik untuk jadi sumber rasa umami. Rasa tomat yang manis tapi juga sedikit gurih berasal dari kandungan asam glutamat yang tinggi.

Tomat biasa mengandung 150-250 miligram asam glutamat per 100 gram.

Sementara tomat ceri punya kandungan lebih tinggi, 170-280 miligram asam glutamat per 100 gram. Semakin matang tomat, maka tingkat asam glutamatnya akan semakin tinggi.

Proses mengeringkan tomat juga akan meningkatkan rasa umami mereka.

Proses tersebut akan mengurangi kelembaban dan mengonsentrasikan glutamat yang terkandung.

Tomat yang dikeringkan mengandung 650-1.140 miligram asam glutamat per 100 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X