Kompas.com - 09/04/2021, 14:16 WIB
udon kuah PIXABAY/TAKEDAHRSudon kuah


KOMPAS.com – Selain kombu dashi, shiitake dashi juga jadi pilihan kaldu khas Jepang yang tepat untuk para vegetarian dan vegan.

Shiitake dashi merupakan kaldu ala Jepang yang dibuat dari jamur shiitake kering. Karena hanya dibuat dari jamur dan air saja, maka kaldu ini pun aman untuk para vegetarian atau vegan.

Shiitake dashi akan memberikan tambahan rasa umami dan juga meningkatkan rasa masakan. Selain itu juga bisa menjadi pengganti mecin.

Kamu bisa membuat banyak sekali sajian khas Jepang menggunakan shiitake dashi ini.

Di antaranya sajian seperti takikomi gohan, chawanmushi, nabeyaki udon, chikuzenni, nimono, aneka tumisan, harumaki, dan ikan kukus.

Berikut ini resep dan cara membuat shiitake dashi seperti dilansir Just One Cook Book:

Baca juga: Apa Itu Dashi? Penyedap Kunci Kenikmatan Makanan Jepang

Bahan shiitake dashi

  • 100 gram jamur shiitake kering
  • 2400 ml air

Cara membuat shiitake dashi:

1. Siapkan semua bahan. Periksa apakah ada kotoran yang menempel pada bagian jamur yang tersembunyi. Jika ada, bersihkan menggunakan kuas pastry. Jangan cuci dengan air.

2. Sedikit tips, beli jamur yang memiliki celah-celah berwarna putih tua di bagian topinya karena akan memiliki rasa yang lebih kuat.

3.  Kamu hanya bisa menggunakan jamur yang kering saja untuk membuat shiitake dashi. Jamur shiitake biasa yang masih segar tidak akan memiliki rasa umami yang intens seperti yang sudah dikeringkan.

Baca juga: Resep Kombu Dashi, Kaldu Jepang Sederhana Cocok untuk Vegetarian

Sup Miso dan Chawanmushi sebagai hidangan pembuka.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Sup Miso dan Chawanmushi sebagai hidangan pembuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X