Kompas.com - 07/04/2021, 21:47 WIB
Ilustrasi jamur shiitake. SHUTTERSTOCK/K321Ilustrasi jamur shiitake.


KOMPAS.com – Salah satu bentuk penyedap alternatif yang bisa kamu gunakan adalah mushroom seasoning atau kaldu jamur bubuk.

Pada dasarnya, kaldu jamur bubuk terbuat dari jamur yang sudah dikeringkan lalu dihancurkan menjadi bubuk.

Bubuk kaldu jamur ini kemudian bisa digunakan sebagai penyedap beragam jenis masakan.

Baca juga: Apa Itu Kaldu Jamur? Penyedap Pengganti Mecin yang Cocok untuk Vegetarian

Fungsi kaldu jamur pada masakan adalah memperkuat rasa umami. Dilansir dari My Recipe, seluruh masakan yang ditambahkan bubuk kaldu jamur porcini bisa jadi berkali lipat lebih sedap rasanya.

Berbeda dengan jika menggunakan kaldu cair atau jamur utuh, kaldu jamur bubuk tidak akan mengubah tekstur sama sekali. Bubuk kaldu jamur akan memperdalam rasa makanan.

Bubuk kaldu jamur bisa digunakan sebagai penyedap yang menggantikan penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau mecin.

Ilustrasi ramen Seung Heo Ilustrasi ramen

Porcini dan shiitake untuk kaldu jamur

Mengutip Seattle Times, ada beragam jenis jamur yang bisa diolah menjadi kaldu bubuk. Dua yang cukup populer adalah jamur shiitake dan porcini.

Menurut chef dan penulis buku masak Eric Gower, kaldu jamur shiitake punya rasa umami yang lebih kuat dari pada jamur porcini.

Penulis buku masak dan pengusaha restoran Lidia Bastianich menyebut porcini punya rasa yang lebih elegan dan aroma yang lebih harum. Sementara shiitake rasanya lebih intens dan lebih earthy.

Kaldu jamur porcini hampir selalu digunakan dalam masakan khas Italia. Namun lebih pada memanfaatkan bubuk yang tertinggal dari porcini kering yang disimpan dalam wadah,” kata Bastianich.

Baca juga: Mengenal Risotto pada Tantangan MasterChef Indonesia, Nasi Creamy Khas Italia

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan kaldu bubuk dari jamur kering karena rasa umami yang dihasilkan dianggap lebih kuat daripada jamur biasa yang tidak dikeringkan.

Ilustrasi jamur kering. SHUTTERSTOCK/GRESEI Ilustrasi jamur kering.

Penggunaan kaldu jamur pada masakan

Seperti dikutip dari Open Fit, bubuk kaldu jamur sangat fleksibel. Bentuknya yang bubuk bisa dicampur pada jenis masakan apa pun.

Kamu bisa mencampurkan bubuk kaldu jamur pada telur orak arik, saus pasta, baso, daging gulung, risotto, atau sebagai bumbu balur pada steak.

Bumbu kaldu jamur juga bisa dicampur pada makanan berkuah seperti sup, kari, atau rebusan lainnya.

Menurut Taste Cooking, kamu bisa menggunakan aneka jenis jamur.

Tak hanya porcini atau shiitake, tetapi bisa juga tiram, chanterelle, cep, king bolete, atau penny bun kering. Kamu hanya perlu mencari tahu jenis masakan dan jamur mana yang saling cocok.

Baca juga: Apa Benar Konsumsi Mecin Kurangi Kecerdasan?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X