Kompas.com - 04/03/2021, 22:02 WIB
Perkebunan durian terbesar di Australia di pinggiran Kota Darwin kini memasuki musim panen. Produksi durian yang dijuluki raja buah ini akan dikirim ke berbagai kota. ABC IndonesiaPerkebunan durian terbesar di Australia di pinggiran Kota Darwin kini memasuki musim panen. Produksi durian yang dijuluki raja buah ini akan dikirim ke berbagai kota.

KOMPAS.com - Banyak mitos tentang durian simpang siur di tengah masyarakat. Salah satunya mengenai ibu hamil yang hendak memakan durian.

Sebenarnya apakah boleh ibu hamil memakan durian dan apa ada efek sampingnya? Mohamad Reza Tirtawinata, Ketua Yayasan Durian NUSANTARA menjelaskan mengenai hal ini.

“Sebenarnya ada sejarahnya itu. Jadi ada relief di Candi Borobudur yang menunjukan selir-selir raja dengan pohon durian," jelas Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com, Kamis 26/2/2021.

Baca juga: Resep Pancake Durian, Dessert yang Bikin Nagih

"Itu karena istri-istri raja saat mengandung disuruh memakan durian karena saat itu dipercaya jika anak-anak mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, kuat,” jelasnya. 

Reza menjelaskan jika pada zaman tersebut durian sudah dianggap sebagai buah yang memiliki nilai gizi tinggi.

Reza mengatakan ibu hamil bisa memakan durian dengan catatan maksimal satu juring atau tiga ponge (buah) durian dalam satu hari. 

Jika terlalu banyak makan durian, maka perut akan terasa panas. Hal ini yang ditakutkan berpengaruh pada janin.

Ibu hamil dengan penyakit diabetes dan darah tinggi dianjurkan tidak makan durian

 

Apabila ibu hamil memiliki penyakit bawaan seperti diabetes atau darah tinggi perlu berhati-hati dalam menyantap buah ini.

Ilustrasi durian.shutterstock.com/Torjrtrx Ilustrasi durian.

“Sebenarnya penyakit darah tinggi dan diabetes bukan dari duriannya. Tapi itu penyakit bawaan. Nah, orang dengan penyakit tersebut harus mulai berhati-hati dalam mengkonsumsi durian,” papar Reza.

Baca juga: 3 Cara Kupas Durian dengan Cepat, Tips dari Pedagang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X