Kompas.com - 04/03/2021, 21:26 WIB
Ilustrasi tangyuan. Dok. Shutterstock/Romix ImageIlustrasi tangyuan.

KOMPAS.com - Tangyuan, sajian asli Chinayang sudah berumur ratusan tahun dan tetap bertahan saat ini. Hidangan ini merupakan makanan yang wajib disantap saat Cap Go Meh atau Festival Lampion di China. 

Wedang ronde adalah sajian resapan dari tangyuan yang asli dari China.

Baca juga: Filosofi Tangyuan yang Mirip Wedang Ronde, Disantap Saat Cap Go Meh

Tangyuan memiliki tekstur dan bentuk yang menyerupai wedang ronde. Namun, rasanya manis dan gurih. Berbeda dengan wedang ronde yang memiliki rasa pedas dari jahe.

Resep tangyuan di bawah ini dijabarkan oleh, Meliana Christanty Kalimantan Culinary Aficionado, Chef Instructor, Borneo Culinary Tour Guide.

Tangyuan di daerah asal biasanya tidak ada isian. Ada tradisi keluarga peranakan yang memakan jumlah tangyuan sesuai jumlah usia masing-masing,” jelas Chef Meliana kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Ia menjelaskan di Indonesia, tangyuan dimodifikasi menjadi ada isian yaitu gula merah dan kacang goreng tumbuk dan disebut wedang ronde.

Baca juga: Resep Wedang Ronde Ubi, Lebih Pulen dan Mudah Digigit

 

Berikut resep tangyuan, pada resep ini kuah yang digunakan adalah air jahe.

Kamu juga bisa menikmati dengan air sirup atau sup rasa gurih. 

Resep tangyuan

Bahan adonan :

  • 150 gr tepung beras ketan
  • 20 gr tepung beras putih
  • 200 ml air (bisa disesuaikan)
  • Pewarna makanan

Air jahe:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X