Kompas.com - 27/02/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi nasi liwet khas Solo. SHUTTERSTOCK/ TUPAITERBANGIlustrasi nasi liwet khas Solo.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tidak sulit menemukan tempat makan nasi liwet enak di Solo. Kamu dapat mengunjungi beberapa daerah seperti Manyar, Keprabon, Kerten, Solo Baru, ataupun Pasar Kota Gede. 

Nasi liwet solo disajikan dengan lauk komplet yang terdiri dari sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan areh. Ada pula lauk tambahan yang biasa ditawarkan, misalnya saja sayap ayam. 

Nasi liwet ini bisa kamu nikmati di pagi maupun malam hari. Berikut tujuh nasi liwet enak di Solo yang wajib kamu coba. 

Baca juga: Apa Itu Nasi Liwet? Menu Asli Jawa yang Populer di Masyarakat

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Jika ingin menikmati nasi liwet pada malam hari, bisa datang ke warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Lokasinya ada di sekitar Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Kamu bisa datang pukul 16.00 sampai 01.00 WIB. Namun sebaiknya jangan datang tepat pada jam makan malam, kalau tidak ingin mengantre lama. 

Sebab, warung nasi liwet ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, antara Rp 10.000 sampai Rp 36.000.

Tersedia juga aneka lauk seperti hati ampela dan sayur-sayuran yang bisa dipesan sebagai pelengkap. 

2. Nasi Liwet Bu Sri Pasar Gede

Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

Sedang jalan-jalan di Pasar Kota Gede? Kalau iya, jangan lupa mampir ke Nasi Liwet Bu Sri.

Lokasinya ada di Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Tepatnya di sebelah barat Pasar Kota Gede.

Bu Sri menjual nasi liwet solo komplet berisi sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh santan. Ada juga hati ampela, cakar, serta sayap ayam sebagai menu pelengkapnya.

Baca juga: 7 Lauk Nasi Liwet Solo, Semua dalam Satu Piring 

Harga nasi liwet di sini cukup terjangkau, lebih kurang Rp 12.000. Namun sebaiknya jangan datang terlalu siang, karena Nasi Liwet Bu Sri hanya buka pukul 06.30 sampai 11.00 WIB.

3. Nasi Liwet Bu Waris

Nasi Liwet Bu Waris buka pukul 06.00 sampai 10.00 WIB. Kamu yang sedang mencari sarapan di Solo, bisa datang ke warung nasi liwet ini.

Di sini kamu dapat menikmati satu porsi nasi liwet yang disajikan dengan cara tradisional yaitu menggunakan pincuk daun pisang.

Dengan membayar sekitar Rp 10.000 kamu sudah dapat menikmati satu porsi nasi liwet komplet. Isinya terdiri dari sayur labu siam, areh santan, dan suwiran ayam.

Baca juga: Resep Nasi Liwet Solo dengan Lauk Lengkap dan Areh Santan

Jika suka atau merasa kurang, bisa tambah lauk sesuai selera. Ada telur, sayap ayam, atau kerupuk rambak kulit sapi.

4. Nasi Liwet Yu Sani 

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.

Nasi Liwet Yu Sani kini memiliki dua cabang. Cabang pertama ada di Jalan Jalan Veteran Nomor 90-191, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. 

Cabang keduanya di Jalan Ir. Soekarno Nomor 8, Dusun II, Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. 

Nasi Liwet Yu Sani selalu ramai dikunjungi pembeli. Pasalnya, nasi liwet di sini terkenal enak dan murah harganya. 

Untuk satu porsi nasi liwet komplet diberi harga kira-kira Rp 12.000-an. Tersedia juga aneka lauk pelengkap dengan harga terjangkau dan rasa yang enak. 

Baca juga: Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda, dari Sejarah sampai Lauk Pendamping

Bagi yang ingin mencoba, bisa datang pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Sebagai catatan, warung nasi liwet ini selalu ramai pembeli, jadi jangan kaget jika harus mengantre. 

5. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi terkenal karena harganya yang murah. Satu porsi nasi liwet dihargai kira-kira Rp 13.000.

Kamu juga bisa memesan aneka lauk sesuai selera, tetapi ada tambahan harganya. Konon, warung nasi liwet ini ramai karena merupakan favorit Pak Joko Widodo, presiden Indonesia. 

Sama dengan Nasi Liwet Yu Sani, Nasi Liwet Bu Sarmi buka setiap hari mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB.

Baca juga: Itinerary Kuliner Seharian di Solo, dari Sarapan sampai Ngemil Malam

Bagi yang ingin mencoba, bisa datang ke warung Nasi Liwet Bu Sarmi di sekitar Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X