Kompas.com - 26/02/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi nasi liwet khas Sunda yang disajikan di ketel. SHUTTERSTOCK/ ARIYANI TEDJOIlustrasi nasi liwet khas Sunda yang disajikan di ketel.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Nasi liwet sunda adalah salah satu incaran kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bandung, Jawa Barat. 

Kamu dapat menemukan warung atau restoran yang menjual nasi liwet khas Sunda dengan rasa otentik di Bandung. Harganya juga lumayan terjangkau. 

Berikut enam tempat makan yang menjual nasi liwet di Bandung: 

Baca juga: Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Sunda, dari Sejarah sampai Lauk Pendamping

1. Nasi Bancakan Wassalam Abah Barna

Restoran Sunda yang ada di Jalan Trunojoyo Nomor 62, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung ini menyajikan beragam menu masakan Sunda yang lezat. 

Salah satunya ialah nasi liwet sunda. Lauk yang disajikan juga cukup lengkap, mulai dari burung puyuh goreng, aneka tumisan, hingga aneka sambal, dan lalapan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga makanannya pun tidak terlalu mulai, sekitar Rp 15.000 sampai Rp 30.000. Restoran juga cukup besar, jadi kamu bisa datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman dekat.

Baca juga: Cara Bikin Nasi Liwet Rice Cooker, Cocok untuk Pemula  

Jika ingin mencoba, bisa datang pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Namun sebaiknya jangan datang tepat di jam makan siang, karena biasanya sedang ramai pengunjung. 

2. Warung Nasi Ampera

Ilustrasi nasi liwet magic com.SHUTTERSTOCK/ Hanifah Kurniati Ilustrasi nasi liwet magic com.

Restoran Sunda ini berdiri sejak tahu 1963. Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 394, Karasak, Astanaanyar, Kota Bandung. 

Kamu wajib mencoba set menu nasi liwet saat berkunjung ke restoran ini. Untuk lauk pendampingnya bisa pilih sesuai selera. 

Baca juga: 10 Lauk Pendamping Nasi Liwet Sunda, Bisa Pilih Sesuai Selera

Ada ayam bakar, tahu, tempe, dan tumis sayuran yang lezat. Selain itu juga disajikan bermacam-macam lalapan dan sambal ulek sebagai ciri khas nasi liwet sunda. 

Satu porsi set nasi liwet harganya kira-kira Rp 28.000. Isinya ada nasi liwet, ayam bakar, tahu, tempe, leunca, dan lalapan.

Seperti yang tercantum di media sosialnya, Warung Nasi Ampera buka 24 jam. Namun sebelum berkunjung sebaiknya cek kembali jam bukanya karena bisa berubah karena pandemi.

3. Boemi Joglo Dago Pakar

Nasi liwet dari restoran Sunda Boemi Joglo Dago Pakar sudah terkenal kelezatannya. Ada dua pilihan menu nasi liwet di sini, yaitu nasi liwet asin dan nasi liwet ayam jamur. 

Harga nasi liwetnya tergantung porsi yang dipesan, mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 140.000. Porsinya bisa untuk dua sampai 10 orang. 

Tersedia pula aneka lauk seperti ayam goreng, sayur asem, ungkep daging, dan banyak lainnya. 

Baca juga: Resep Nasi Liwet Teri Simpel, Bikin Pakai Rice Cooker

Jika ingin mencoba, bisa langsung datang ke Boemi Joglo Dago Pakar yang ada di Jalan Ranca Kendal Luhur Nomor 17, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Bandung. 

Untuk jam bukanya sendiri, dari pukul 11.00 sampai 21.00 WIB. Namun setiap Senin, restoran Sunda ini tutup. 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X