Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Nasi Liwet? Menu Asli Jawa yang Populer di Masyarakat

Kompas.com - 25/02/2021, 15:01 WIB
Lea Lyliana,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nasi liwet adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak disukai. Umumnya, nasi liwet banyak ditemukan di Solo atau Surakarta. 

Namun, sebetulnya beberapa daerah di Indonesia juga memiliki menu nasi liwet khasnya. Misalnya saja nasi liwet sunda dari Jawa Barat.

Lantas, sebetulnya apa sih nasi liwet? Berikut uraian jawabannya.

Baca juga: Bedanya Nasi Liwet dan Nasi Gurih, Salah Komunikasi Peserta MasterChef 

Apa itu nasi liwet? 

Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.

Dalam artikel Kompas.com (15/06/2017), Murdijati Gardjito, ahli gastronomi yang juga peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa nama nasi liwet berasal dari proses memasaknya, yaitu meliwet.

Proses memasak ini tertulis di Serat Centhini tahun 1819 yang lantas tersebar di wilayah Indonesia. Maka tidak heran jika nasi liwet juga ada di banyak wilayah.

Misalnya saja, nasi liwet solo, nasi liwet sunda, serta nasi lemak dari Sumatera dan nasi uduk di Jakarta. 

Walau beberapa menu tidak menggunakan nama nasi liwet, tetapi hidangan tersebut sebetulnya tetaplah nasi liwet. Sebab, cara memasaknya ialah dengan teknik liwet.

Seorang dosen Sastra Universitas Indonesia, Prapto pada Kompas.com (10/06/2017) menjelaskan bahwa proses meliwet atau ngliwet adalah teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air dengan mengunakan alat khusus.

Airnya bisa menggunakan air putih, kaldu ayam, dan juga santan. Untuk alatnya bisa memakai ketel, kastrol, atau dandang. 

Baca juga: Resep Nasi Liwet Teri Simpel, Bikin Pakai Rice Cooker

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.

Pada dasarnya meliwet ini sama dengan memasak nasi dengan rice cooker. Hanya saja saat meliwet kamu juga harus memasukkan bumbu-bumbu lain, seperti daun salam dan garam.

Bahkan pada nasi liwet khas Sunda, ditambahkan juga lauk seperti ikan asin ataupun teri.  

Masing-masing daerah menyajikan nasi liwet dengan lauk yang berbeda-beda. Tergantung dengan kearifan budanya.

Di Solo sendiri, nasi liwet disajikan bersama dengan sambal goreng labu siam, telur pindang, daging ayam opor suwir, dan areh atau kuah santan yang dikentalkan.

Baca juga: Resep Nasi Liwet Solo dengan Lauk Lengkap dan Areh Santan

Apabila suka pedas, kamu bisa menambah cabai rawit rebus. Untuk pelengkapnya, tambah juga kerupuk, rambak kulit sapi, maupun tahu atau tempe bacem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com