Kompas.com - 25/02/2021, 15:01 WIB
Penyajian Nasi Liwet Sunda di Cirebon, lengkap dengan ketel penanak nasi. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPenyajian Nasi Liwet Sunda di Cirebon, lengkap dengan ketel penanak nasi.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Nasi liwet adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak disukai. Umumnya, nasi liwet banyak ditemukan di Solo atau Surakarta. 

Namun, sebetulnya beberapa daerah di Indonesia juga memiliki menu nasi liwet khasnya. Misalnya saja nasi liwet sunda dari Jawa Barat.

Lantas, sebetulnya apa sih nasi liwet? Berikut uraian jawabannya.

Baca juga: Bedanya Nasi Liwet dan Nasi Gurih, Salah Komunikasi Peserta MasterChef 

Apa itu nasi liwet? 

Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.

Dalam artikel Kompas.com (15/06/2017), Murdijati Gardjito, ahli gastronomi yang juga peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa nama nasi liwet berasal dari proses memasaknya, yaitu meliwet.

Proses memasak ini tertulis di Serat Centhini tahun 1819 yang lantas tersebar di wilayah Indonesia. Maka tidak heran jika nasi liwet juga ada di banyak wilayah.

Misalnya saja, nasi liwet solo, nasi liwet sunda, serta nasi lemak dari Sumatera dan nasi uduk di Jakarta. 

Walau beberapa menu tidak menggunakan nama nasi liwet, tetapi hidangan tersebut sebetulnya tetaplah nasi liwet. Sebab, cara memasaknya ialah dengan teknik liwet.

Seorang dosen Sastra Universitas Indonesia, Prapto pada Kompas.com (10/06/2017) menjelaskan bahwa proses meliwet atau ngliwet adalah teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air dengan mengunakan alat khusus.

Airnya bisa menggunakan air putih, kaldu ayam, dan juga santan. Untuk alatnya bisa memakai ketel, kastrol, atau dandang. 

Baca juga: Resep Nasi Liwet Teri Simpel, Bikin Pakai Rice Cooker

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X