Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Nasi Liwet Enak di Solo, Buka Pagi dan Malam Hari

KOMPAS.com - Tidak sulit menemukan tempat makan nasi liwet enak di Solo. Kamu dapat mengunjungi beberapa daerah seperti Manyar, Keprabon, Kerten, Solo Baru, ataupun Pasar Kota Gede. 

Nasi liwet solo disajikan dengan lauk komplet yang terdiri dari sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan areh. Ada pula lauk tambahan yang biasa ditawarkan, misalnya saja sayap ayam. 

Nasi liwet ini bisa kamu nikmati di pagi maupun malam hari. Berikut tujuh nasi liwet enak di Solo yang wajib kamu coba. 

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Jika ingin menikmati nasi liwet pada malam hari, bisa datang ke warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Lokasinya ada di sekitar Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Kamu bisa datang pukul 16.00 sampai 01.00 WIB. Namun sebaiknya jangan datang tepat pada jam makan malam, kalau tidak ingin mengantre lama. 

Sebab, warung nasi liwet ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, antara Rp 10.000 sampai Rp 36.000.

Tersedia juga aneka lauk seperti hati ampela dan sayur-sayuran yang bisa dipesan sebagai pelengkap. 

Sedang jalan-jalan di Pasar Kota Gede? Kalau iya, jangan lupa mampir ke Nasi Liwet Bu Sri.

Lokasinya ada di Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Tepatnya di sebelah barat Pasar Kota Gede.

Bu Sri menjual nasi liwet solo komplet berisi sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh santan. Ada juga hati ampela, cakar, serta sayap ayam sebagai menu pelengkapnya.

Harga nasi liwet di sini cukup terjangkau, lebih kurang Rp 12.000. Namun sebaiknya jangan datang terlalu siang, karena Nasi Liwet Bu Sri hanya buka pukul 06.30 sampai 11.00 WIB.

3. Nasi Liwet Bu Waris

Nasi Liwet Bu Waris buka pukul 06.00 sampai 10.00 WIB. Kamu yang sedang mencari sarapan di Solo, bisa datang ke warung nasi liwet ini.

Di sini kamu dapat menikmati satu porsi nasi liwet yang disajikan dengan cara tradisional yaitu menggunakan pincuk daun pisang.

Dengan membayar sekitar Rp 10.000 kamu sudah dapat menikmati satu porsi nasi liwet komplet. Isinya terdiri dari sayur labu siam, areh santan, dan suwiran ayam.

Jika suka atau merasa kurang, bisa tambah lauk sesuai selera. Ada telur, sayap ayam, atau kerupuk rambak kulit sapi.

Nasi Liwet Yu Sani kini memiliki dua cabang. Cabang pertama ada di Jalan Jalan Veteran Nomor 90-191, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. 

Cabang keduanya di Jalan Ir. Soekarno Nomor 8, Dusun II, Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. 

Nasi Liwet Yu Sani selalu ramai dikunjungi pembeli. Pasalnya, nasi liwet di sini terkenal enak dan murah harganya. 

Untuk satu porsi nasi liwet komplet diberi harga kira-kira Rp 12.000-an. Tersedia juga aneka lauk pelengkap dengan harga terjangkau dan rasa yang enak. 

Bagi yang ingin mencoba, bisa datang pukul 17.00 sampai 23.00 WIB. Sebagai catatan, warung nasi liwet ini selalu ramai pembeli, jadi jangan kaget jika harus mengantre. 

5. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi terkenal karena harganya yang murah. Satu porsi nasi liwet dihargai kira-kira Rp 13.000.

Kamu juga bisa memesan aneka lauk sesuai selera, tetapi ada tambahan harganya. Konon, warung nasi liwet ini ramai karena merupakan favorit Pak Joko Widodo, presiden Indonesia. 

Sama dengan Nasi Liwet Yu Sani, Nasi Liwet Bu Sarmi buka setiap hari mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB.

Bagi yang ingin mencoba, bisa datang ke warung Nasi Liwet Bu Sarmi di sekitar Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. 

Kalau lapar tengah malam, bisa datang dan makan di warung Nasi Liwet Bu Kirmadi. Jam bukanya dari pukul 19.00 sampai 05.00 WIB. 

Namun sayangnya warung Bu Kirmadi tidak buka setiap hari. Hanya dari Rabu sampai Minggu saja.  Walau begitu, kamu tetap wajib mencobanya karen menu yang dijual di sini cukup lengkap.

Selain nasi liwet dan aneka lauk, ada juga menu lain seperti bubur lemu, ketan pula, dan cabuk rambak. Harganya pun cukup terjangkau, antara Rp 10.000 sampai Rp 18.000 saja. 

Jika ingin mencoba, silakan kunjungi warung Bu Kirmadi yang ada di Jalan Kyai Mojo Nomor 82, Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, 

7. Nasi Liwet Bu Parmi

Kamu yang sedang mencari sarapan bisa datang ke warung Nasi Liwet Bu Parmi. Alamatnya ada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 428, Purwosari, Laweyan, Solo. 

Warung nasi liwet ini buka pukul 06.30 sampai 12.30 WIB. Namun, sebaiknya jangan datang terlalu siang supaya tidak kehabisan. 

Sama seperti nasi liwet solo lainnya, nasi liwet di Bu Parmi juga berisi sayur labu siam, suwiran ayam, telur, dan areh santan. 

Penyajiannya menggunakan pincuk daun pisang yang dialasi dengan bambu. Porsinya pas untuk satu orang, tidak terlalu banyak maupun sedikit.

Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau, lebih kurang Rp 13.000.

https://www.kompas.com/food/read/2021/02/27/110300075/7-nasi-liwet-enak-di-solo-buka-pagi-dan-malam-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke