Kompas.com - 13/01/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi cara membuat kimchi tradisional khas Korea PIXABAY/I MISS YOUIlustrasi cara membuat kimchi tradisional khas Korea

KOMPAS.com - Ada banyak cara membuat kimchi sederhana khas Korea yang bisa diikuti. Semua resep memiliki bahan dan teknik tersendiri untuk menciptakan rasa yang khas.

Baca juga: Resep Kimchi Timun ala Rumahan, Sayur Fermentasi Korea

Seperti halnya dengan resep kimchi sederhana yang dilansir dari SBS berikut. Resep ini menambahkan udang rebon fermentasi sebagai penambah rasa asin dalam kimchi tradisional.

Rasa dari udang yang difermentasi ini memiliki rasa yang cukup asin. Biasanya digunakan sebagai pengganti garam. Udang fermentasi ini bisa ditemukan di supermarket Korea dengan kemasan botol.

Berikut resep kimchi tradisional dengan cara pembuatan sederhana yang bisa kamu ikuti.

Resep kimchi tradisional

Bahan:

  • 1 sawi putih ukuran sedang, iris tipis
  • ½ potong lobak putih, iris tipis
  • 2 sdm tepung beras
  • 50 gram bubuk cabai korea
  • 5-6 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 bawang bombai, iris tipis
  • 1 sdm udang fermentasi
  • 2-3 sdt saus ikan
  • 2 sdt gula
  • 220 gram garam laut

Baca juga: Resep Kimchi Sawi Putih dari Chef Profesional

Cara membuat kimchi tradisional

1. Campurkan 100 gram garam dengan air secukupnya. Aduk hingga garam larut. Tuang air garam di atas kubis, diamkan selama tiga jam. Kalau kubis sudah layu, angkat, cuci, dan tiriskan kubis.

2. Dalam lain wadah, campurkan 100 gram garam dengan air secukupnya. Aduk hingga garam larut. Tuang air garam di atas lobak, diamkan selama 15 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.

3. Tuang 100 ml air ke mangkuk berisikan tepung beras. Didihkan dengan api kompor kecil hingga mengental. Tuang ke dalam mangkuk dan biarkan dingin.

4. Campurkan bubuk cabai Korea dengan pasta beras. Aduk-aduk.

Baca juga: Resep Kongnamul Gukbap, Sup Taoge dan Nasi Khas Korea

5. Haluskan bawang putih, jahe, bawang bombai, dan udang fermentasi dengan menggunakan blender hingga halus. Tuang di wadah berisikan campuran bubuk cabai dan pasta beras.

6. Campurkan semua bahan ke dalam kubis dan lobak dalam mangkuk besar. Tambahkan irisan daun bawang.

7. Masukkan kimchi ke dalam toples kaca atau wadah tertutup. Biarkan proses fermentasi selama 2-3 menit di suhu ruangan. Setelah itu, kamu bisa menyimpan kimchi di lemari es.

Baca juga: Resep Kimchi Jjigae, Sup Kimchi Sehat Banyak Sayuran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SBS FOOD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.