Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Kue Kering agar Tetap Renyah, Bisa Taruh Lemari Makan

Kompas.com - 16/12/2020, 21:39 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Beragam kue kering biasanya akan memenuhi meja tamu dan lemari makan pada waktu Natal. Kamu harus menyimpan kue kering tersebut dengan tepat agar tetap renyah walau sudah dibuka.

Bahkan jika sisa kue kering masih sangat banyak, kamu bisa menyimpannya untuk stok bulan berikutnya. Kamu dapat mengikuti cara yang dijabarkan melalui situs Martha Stewart berikut.

Baca juga: Serba-serbi Makanan Natal

Simpan kue kering di suhu ruang

Sebagian besar makanan yang dibuat dengan cara dipanggang dapat awet pada suhu ruang berlaku juga untuk kue kering.

Namun, kamu harus simpan dalam wadah tertutup misalnya stoples kaca. Dengan begitu, kualitas kue kering ini akan terjaga sampai 5 hari.

Kalau sering dibuka, kualitas kue kering akan menurun setelah 3-5 hari tetapi masih aman dimakan sampai sekitar 1 bulan.

Baca juga: Resep Kue Kering Pakai Margarin, Bisa Coba Cheese Puff

Ilustrasi nastar, kue kering khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/KETUT MAHENDRI Ilustrasi nastar, kue kering khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

Tingkat kelembaban udara sangat memengaruhi keawetan kue. Pisahkan kue bertekstur lembut seperti soft cookies dengan kue bertekstur kering dan padat.

Mengutip Better Homes & Garden, apabila dicampur maka kue lembut akan menjadi keras sedangkan kue kering akan menjadi lembab.

Sementara itu menurut Executive Pastry Chef Swissotel Jakarta PIK Avenue Budi Kuniawan yang dilansir dari Kompas.com, kamu dapat memasukkan silica gel untuk makanan ke dalam stoples berisi kue kering.

Baca juga: Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tidak Lapuk dan Tetap Enak

 

Silica gel untuk makanan membantu menjaga kelembaban kue kering dalam stoples. Apabila disimpan dengan tepat, kue kering dapat bertahan sampai 3 bulan.

Ilustrasi kue kering di dalam wadah unik.SHUTTERSTOCK/ANTONIODIAZ Ilustrasi kue kering di dalam wadah unik.

Bekukan kue kering dalam freezer

Kalau kamu berencana untuk menyimpan kue kering dalam waktu lama dan tidak mengonsumsinya secara berkala, langsung saja simpan dalam freezer.

Masukkan dulu kue kering ke dalam kantong kedap udara atau paling tidak kantong plastik zip lock. Pastikan udara di dalam kantong sudah keluar semua.

Apabila kue kering akan dikonsumsi secara berkala, bungkus satu per satu dalam plastik kecil lalu lapisi dengan aluminium foil.

Diamkan kue kering beku di atas meja sebelum memakannya.

Tidak disarankan untuk menyimpan kue kering di dalam kulkas, terutama jika kue dimakan secara berkala dalam waktu dekat.

Pasalnya, udara dingin dalam kulkas akan membuat tekstur kue menjadi sangat kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com