Bedanya Rajungan dan Kepiting, Bahan Utama Pressure Test MasterChef Indonesia

Kompas.com - 29/11/2020, 22:08 WIB
Ilustrasi kepiting rendam kecap, makanan khas Korea Selatan Shutterstock/mnimageIlustrasi kepiting rendam kecap, makanan khas Korea Selatan

KOMPAS.com - Kepiting soka dan rajungan menjad bahan utama dalam Pressure Test MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (29/11/2020).

Peserta harus melakukan duplicate dish milik Chef Juna dan mengikuti langkah memasak Chef Juna secara tepat.

Baca juga: Chef Juna MasterChef Indonesia Bagi Cara Kupas Cangkang Rajungan

Walaupun terlihat serupa, tetapi rajungan dan kepiting memiliki sejumlah perbedaan. Menurut Chef Juna, daging rajungan lebih manis daripada kepiting biasa.

Berikut perbedaan rajungan dengan kepiting dikutip dari Sajian Sedap dan buku "Gemar Makan Ikan - 25 Cita Rasa Kepiting & Rajungan" (2013) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilustrasi kepiting. UNSPLASH/MAE MU Ilustrasi kepiting.

1. Bentuk kaki belakang

Perbedaan antara rajungan dan kepiting bisa ditandai dengan bentuk kaki belakangnya.

Kaki rajungan yang terakhir memiliki bentuk pipih dan tidak runcing seperti kaki lainnya. Kaki tersebut digunakan oleh rajungan untuk berenang.

2. Bentuk tubuh dan tekstur daging

Cangkang kepiting lebih tebal dan keras, sedangkan rajungan dagingnya lebih sedikit dan ukuran tubuhnya terbilang lebih kecil.

Rajungan jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada rajungan betina. Sama halnya dengan capitnya, ukurannya pun lebih panjang daripada betina.

Daging rajungan memiliki rasa lebih manis dan gurih serta lebih empuk daripada kepiting.

Baca juga: Cara Bersihkan Kepiting Segar Sebelum Masak, Ikuti 5 Langkah Ini

Budidaya rajunganSumber: KKP Budidaya rajungan

3. Warna dan motif

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara kedua rajungan dan kepiting adalah pada segi warna. Rajungan memiliki warna yang lebih mencolok dan memiliki pola bentol-bentol seperti macan tutul.

Lain halnya dengan kepiting yang tak memiliki corak bentol-bentol pada cangkangnya.

Warna dasar pada rajungan jantan adalah kebiru-biruan dengan bercak-bercak putih terang. Sementara pada rajungan betina, warna dasarnya lebih kehijau-hijauan dengan bercak keputihan yang agak gelap.

4. Habitat

Rajungan hidup di satu alam yaitu di lautan, sedangkan kepiting hidup di dua alam, bisa di dalam air maupun di darat.

Selain itu jika diangkat dari habitatnya atau lautan, maka rajungan tak akan lama bisa bertahan hidup. Sementara kepiting masih bisa cukup lama bertahan hidup.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X