5 Jenis Bisnis Katering di Indonesia, Tidak Cuma Katering Pernikahan

Kompas.com - 25/11/2020, 17:25 WIB
Katering sehat dari Dapurfit. DapurfitKatering sehat dari Dapurfit.


KOMPAS.com
- Sebelum membuka bisnis katering lebih baik kamu tentukan jenis katering yang ingin ditekuni. Penentuan ini memengaruhi juga target market bisnis katering.

“Jadi bisnis katering itu ada beberapa macam. Jadi ada katering industri, rumahan dan jenis-jenis katering lainnya,” jelas Tashya Megananda Yukki selaku Owner Beranda Kitchen sekaligus Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia ( APJI ) DKI Jakarta kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Tashya mejelaskan bahwa jenis katering juga ada yang melayani bidang pernikahan dan transportasi. Berikut selengkapnya 5 jenis bisnis katering di Indonesia.

Baca juga: Tips Tentukan Menu untuk Bisnis Katering, Perhatikan 5 Hal Ini

1. Jasa katering pesta

“Ada juga katering yang fokus untuk orang kantoran, orang pabrik, yang unik itu katering wedding atau pernikahan,” paparnya.

Saat menyediakan katering wedding, pelaku bisnis tak hanya memperhatikan rasa tapi juga dekorasi makanan.

Tashya menyarankan dalam bisnis katering wedding, pelakunya harus belajar mengenai dekorasi makanan agar terlihat indah, unik, dan menarik.

Katering ini melayani pesanan makanan untuk acara tertentu dalam jumlah tertentu. Biasanya dalam jumlah besar yang dihidangkan baik secara prasmanan atau buffet maupun secara a'la carte atau piringan.

Ilustrasi makanan katering. Dok. Shutterstock/Ryan Wijaya Tan Ilustrasi makanan katering.

2. Jasa katering rantangan

Jenis katering rantangan melayani penyediaan berbagai menu dalam kemasan rantang. Katering ini ditawarkan untuk konsumen rumah tangga, anak kost, atau karyawan kantor yang membutuhkan makan siang atau makan malam.

Baca juga: Pengalaman Anak Indekos Langganan Katering, Berguna atau Tidak?

Makanan diantar setiap hari dengan menu yang berbeda-beda. Jenis kareting rantangan biasanya menawarkan daftar menu untuk satu bulan.

Konsumen katering rantangan umumnya berlangganan dan pembayarannya pun dilakukan setiap bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X