Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2020, 15:30 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Kompas.com - Saat menjalankan bisnis katering, kamu akan menentukan dan menyusun menu.

Lakukan penyusunan menu dengan penuh pertimbangan karena akan memengaruhi kelanggengan bisnis. Termasuk untuk mempertahankan pelanggan agar tidak bosan terhadap menu yang tersedia.

Dalam buku "Kursus Singkat Usaha Aneka Katering Laris Manis" (2013) oleh Wulan Ayodya terbitan Elex Media Komputindo menjabarkan tips menentukan menu untuk bisnis katering.

Baca juga: Resep Empal Penyet, Lauk yang Sering Ada di Katering Makanan

Ilustrasi Sambal goreng hati dan kentangEdgunn / shutterstock Ilustrasi Sambal goreng hati dan kentang

 

1. Menyediakan beragam hidangan andalan

Calon pelanggan akan melihat, memilih, dan menentukan menu yang akan dipesan. Pada langkah ini sebaiknya kamu sediakan menu yang beragam.

Menu yang beragam dapat membuat pelanggan leluasa memilih sajian yang hendak disantap. Selain itu, mereka dapat menyantap menu yang berbeda setiap hari.

Baca juga: 5 Resep Olahan Kentang ala Orang Indonesia, Jadi Lauk sampai Kue

Berikan informasi mengenai menu andalan katering yang dijalankan. Hal ini akan membantu pelanggan yang masih bingung ketika akan menentukan pemesanan.

Menu andalan akan menjadi pertimbangan calon pelanggan ketika sedang memilih hidangan. Menu andalan menjadi salah satu sajian yang bisa menjadi hidangan ciri khas bagi katering.

Ilustrasi pisang kematanga. Dok. Shutterstock/Fenetre Ilustrasi pisang kematanga.

2. Perhatikan gizi

Selain disesuaikan dengan selera calon pelanggan, ada satu hal lain yang harus diperhatikan dalam menyusun menu katering.

Tak lain lagi yaitu keseimbangan gizi. Walaupun kateringmu menghidangkan berbagai makanan, lebih baik sajian yang berikan dapat disesuikan dengan perhitungan gizi.

Seperti contoh dalam satu menu katering disusun dengan adanya kebutuhan pangan manusia. Contohnya ada protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan lemak yang seimbang.

Ilustrasi oseng daun pepaya. Dok. Shutterstock/Sunhaji Ilustrasi oseng daun pepaya.

3. Sediakan nasi sebagai sajian pokok

Untuk katering dengan tema Indonesia yang menyediakan makan siang atau makan malam kamu perlu sediakan nasi.

Nasi merupakan menu pokok, selanjutnya dipadukan dengan lauk pauk seperti sayur berkuah, masakan cah, oseng-oseng, gorengan, atau menu lainnya.

Baca juga: Cara Simpan Beras agar Tidak Berkutu, Biar Awet

4. Padukan isi menu

Pengusaha katering harus mampu memadukan menu sayur tertentu dengan gorengan atau tumisan dalam satu kemasan menarik.

Biasanya ditambahkan pula aneka buah, puding, atau kue-kue sebagai makanan penutup. Pada katering pesta biasanya menu masakan dipadukan menurut bahan yang sudah dipilih.

Baca juga: Resep Puding Kopi Jepang, Camilan Praktis Cuma Butuh 3 Bahan

5. Perhatikan HPP dan keuntungan

Dalam satu paket menu katering ada paduan menu dengan bahan daging sapi, ikan, ayam, sayur, dan terkadang masakan khas negara lain.

Dengan paduan menu menurut bahan tersebut, kamu harus membuat rancangan pilihan menu yang menarik dan cocok tanpa mengabaikan HPP dan keuntungan yang didapat.

Buku "Kursus Singkat Usaha Aneka Katering Laris Manis" (2013) oleh Wulan Ayodya terbitan Elex Media Komputindo bisa kamu beli di toko buku online Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com