Kompas.com - 15/11/2020, 17:27 WIB
Ilustrasi daging bebek mentah utuh. SHUTTERSTOCK/CATHERINE77Ilustrasi daging bebek mentah utuh.

KOMPAS.com - Daging dalam Kari Ayam Bihun Medan bisa diganti dengan menggunakan bebek.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chef Andry Stefanus dari The Sultan Hotel and Residences Jakarta dalam sesi #MasakdiRumahAja pada live Instagram @kompas.travel, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Meski demikian, apabila ingin menggunakan bebek sebagai bahan dasar utama pengganti ayam, harus menggunakan lebih banyak bumbu.

"Bisa pakai bebek tapi harus lebih strong lagi bumbunya, karena bebek kan amis kata beberapa orang, dagingnya lebih amis dan alot," ucap Andry.

Marinasi daging bebek

Cara mengolah daging bebek berbeda dengan daging ayam karena harus dimarinasi terlebih dahulu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marinasi adalah proses merendam makanan dalam cairan bumbu, seringkali asam, sebelum dimasak.

Bebek harus direndam dengan rempah-rempah selama satu malam bersama dengan bumbu-bumbu untuk menghilangkan bau amis.

"Harus di-marinate satu malam sebelumnya karena memang benar-benar amis terutama bagian bokong. Jadi perlu di-marinate semalam dengan bubuk kayu manis dan lima macam agar tidak bau amis," kata dia.

Baca juga: Cara Masak Daging Bebek Agar Empuk dan Tidak Amis

Ilustrasi daging bebek bagian paha. SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO Ilustrasi daging bebek bagian paha.

5 macam bumbu

Andry menyarankan menggunakan sebanyak lima macam rempah atau yang sering disebut sebagai five spice powder untuk marinasi bebek.

Rempah tersebut adalah bunga lawang tumbuk, cengkeh tumbuk, kayu manis tumbuk, merica szechuan tumbuk, dan biji adas tumbuk.

Tersedia pula five spice powder dalam kemasan praktis yang dijual dalam satu kemasan dinamakan ngohiong.

"Nah bubuk 5 spice ini bisa didapatkan di beberapa supermarket. Tapi enggak usah repot tumbuk satu-satu karena di supermarket sudah dikemas jadi satu dalam 1 botol kecil. Biasanya dalam bahasa kulinari disebut ngohiong," tutur Andry.

Selanjutnya, setelah daging bebek dimarinasi selama semalam, maka bisa digunakan untuk Kari Bihun Medan dengan resep sebelumnya.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X