10 Tempat Kuliner di Pasar Atom Surabaya, Ada yang Buka 24 Jam

Kompas.com - 14/11/2020, 16:06 WIB
Sajian lontong mi di Lontong Mie Ny. Marlia Pasar Atom. KOMPAS.COM/YUHARRANI AISYAHSajian lontong mi di Lontong Mie Ny. Marlia Pasar Atom.

KOMPAS.com  - Pasar Atom di Surabaya ini bisa dikatakan tempat berburu berbagai barang. Mulai dari baju, perhiasan, tas, sepatu, kerupuk, camilan sampai makanan berat.

Pasar yang terletak di bagian utara Kota Surabaya ini merupakan salah satu destinasi kuliner favorit di Kota Pahlawan.

Kamu bisa menemukan camilan tradisional, nasi cumi, bubur madura dan lain-lain. Ini beberapa rekomendasi makanan yang ada di Pasar Atom:

Baca juga: 15 Kuliner Surabaya yang Terkenal, dari Rawon sampai Rujak Cingur

1. Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi Cumi Pasar Atom di Surabayadok. Instagram @surabayafoodies Nasi Cumi Pasar Atom di Surabaya

Nasi Cumi Pasar Arom, menjadi sajian yang akrab di lidah masyarakat Surabaya. Terletak di Jalan Waspada Nomor 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Nasi Cumi Pasar Atom terletak di sebelah gedung lama Pasar Atom.

Warung nasi cumi ini dijajakan untuk para pelanggan selama 24 jam. Hidangan nasi cumi yang menjadi andalannya terdiri dari cumi yang dimasak dengan tinta cumi itu sendiri, bercitarasa gurih manis.

Baca juga: Sejarah Lontong Balap Khas Surabaya

Sepiring nasi cumi dilengkapu dengan empal, paru, usus sapi. Serta tidak ketinggalan peyek udang yang siap bikin ketagihan.

Hidangan satu ini juga di lengkapi sambal uleknya, rasanya tidak begitu pedas namun sedikit asin. Mie dengan bumbu yang tidak begitu kuat, juga dihadirkan dalam satu piring nasi cumi.

Nasi cumi juga dilengkapi dengan tahu dan telur sambel goreng, sehingga rasanya kian mantap. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 39.000 untuk menikmati satu porsi dari Nasi Cumi Pasar Atom komplet.

2.  Cakue Peneleh

Gerai Cakue Peneleh di Pasar Atom. SHUTTERSTOCK/BUDIHARTONO1 Gerai Cakue Peneleh di Pasar Atom.

Jika menuju ke Cakue Peneleh jangan lupa cicipi cakue udangnya. Cakue Peneleh berada di Jl. Bunguran No. 45, Bongkaran, Surabaya.

Tepatnya berada di Pasar Atom Lama Tahap III, lantai I. Kedai sederhana yang selalu ramai pengunjung itu mulai buka pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Resep Lontong Balap, Makanan untuk Lepas Kangen ke Surabaya

Cakue Peneleh, sudah menjajakan cakue di Surabaya sejak tahun 1988. Sejak 31 tahun ini, Cakue peneleh menawarkan kue cakue polos pada umumnya. Jajanan legendaris ini bisa ditemukan di Pasar Atom gedung lama.

Di sini kamu juga bisa menemukan kudapan legendaris seperti roti goreng, ote-ote, kompiang, kacang kuah dan masih banyak lagi.

Cakue udang terdiri dari cakue polos yang ditengahnya diberi adonan udan dan sedikit potongan sayur-sayuran. Kemudian dihidangkan dengan saus tomat asam manis.

Satu buah cakwe original dipatok Rp 5.000. Sementara yang rasa udang dibanderol Rp 6.000.

3. Es Kacang Ijo Goyang Lidah

Cari yang segar-segar saat jalan-jalan di Pasar Atom kamu bisa mencicipi Es Kacang Ijo Goyang Lidah.

Bubur Kacang Ijo dari Es Kacang Ijo Goyang Lidah dilengkapi dengan kelapa muda, santan, serutan es. Semangkuk kacang hijau dari Es Kacang Ijo Goyang Lidah dihargai sebesar Rp 10.000.

Es Kacang Ijo Goyang Lidah Jalan Waspada, Pintu Samping Pasar Atom, Pabean Cantian, Surabaya. Tempat ini buka pada pukul 01.00 sampai 00.00 WIB.

Baca juga: 8 Tempat Kuliner Malam di Surabaya, Buat Kamu yang Suka Begadang

4. Lontong Mie Ny. Marlia

Ilustrasi lontong mi khas Surabaya. SHUTTERSTOCK/MEGAN FAUSTIN Ilustrasi lontong mi khas Surabaya.

Salah satu tempat makan lontong mi yang terkenal di Pasar Atom adalah Lontong Mie Ny. Marlia.

Baca juga: 5 Tempat Makan Soto Sekitar Stasiun Gubeng Surabaya

Lontong Mie Ny. Marlia berada di Pasar Atom Lantai 2 Tahap 1.

Lontong Mie Ny. Marlia dihadirkan dengan udang kering, petis, irisan tahu goreng yang lembut, sayur taoge yang masih renyah dan segar. Setelah itu dilengkapi dengan sambal yang pedas gurih.

Di Lontong Mie Ny. Marlia, pengunjung disuguhkan sate kerang dan lento goreng yang menggugah selera. Hidangan tersebut sangat cocok untuk menjadi makanan pendamping bagi sepiring lontong mi.

Rasa gurih dan khas dari petis akan menambah nikmat hidangan ini. Selain lontong mi biasa, Lontong Mie Ny. Marlia juga mengahdirkan lontong mi spesial dengan menambahkan kikil sapi yang sudah diolah dengan empuk dan masih kenyal.

Satu porsi lontong mi biasa dipatuk dengan harga Rp 18.000, sedangakan lontong mi spesial dihargai Rp 24.000.

5. Bubur Madura

Banyak pedagang bubur madura menjajakan dagangnnya di pinggir jalan Pasar Atom sisi timur. Di sana berjejran penjual bubur madura yang sudah ada sejak pagi hari.

Sesuai dengan namanya, bubur ini merupakan kudapan manis asal Madura. Bubur Madura terdiri dari bubur sum-sum, bubur mutiara, bubur ketan hitam, dan bubur candil.

Di atasnya diberi parutan daging kelapa dan ditaburi "juruh" atau gula merah yang sudah dicairkan.

Untuk menyantap bubur madura kamu nya perlu bubuk di depan penjualnya dengan kursi kecil. Lalu penjualnya akan menyajikan bubur madura dengan sigap. Satu porsi bubur madura dihargai Rp 10.000.

6. Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom

Ilustrasi kue cucurYessi Frenda / shutterstock Ilustrasi kue cucur

Kamu yang hendak berburu camilan tradisional bisa mampir ke Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom.

Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom berada di Pasar Atom Mall Tahap 1, Lantai 3 St BA 42, Jl. Waspada, Pabean Cantian, Surabaya.

Di sini kamu bisa menemukan aneka jajanan pasar seperti ote-ote udang, wingko, bubur grendul, kue cucur, klepon, spikoe, kue perut ayam, onde-onde, dan masih banyak lagi.

Kamu harus cepat-cepat datang kemari jika ingin semu sajian masih lengkap dan tak kehabisan.

Baca juga: Resep Kue Cucur Gula Merah, Jajanan Pasar yang Laku Dijual

Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar, Pasar Atom buka mengikuti jam operasional dari Pasar Atom yang itu pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Harga jajanan di Kartiko cukup beragam, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp. 18.000.

7. Nasi Timbel Tip-top

Nasi timbel adalah salah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari nasi yang sudah dikukus dengan daun pisang, empal, tahu tempe, sambal, dan sayur asem.

Di Pasar Atom ada sebuah depot sederhana yang menyediakan masakan tradisional. Depot Tip-top ini sudah berdiri sejak puluhan tahun di Pasar Atom.

Baca juga: Cara Bikin Nasi Timbel Pakai Rice Cooker, Cuma Perlu Tiga Langkah

Salah satu menu andalannya adalah nasi timbel. Nasi timbel Tip-top dilengkapi dengan empal yang diatasnya diberi kremes yang rasanya asin dan gurih.

Selain empal, nasi timbel dari depot Tip-top juga dihadirkan dengan ayam, bandeng, iga, bakwan, udang dan bebek

Untuk satu porsi nasi timbel empal dihargai Rp 26.000, nasi timbel iga Rp 32.000 dan nasi timbel ayam Rp Rp 26.000.

Selain nasi timbel pengunjung juga bisa menikmati makanan Indonesia lainnya seperti nasi lodeh dengan aneka lauk, ayam goreng kalasan dan masih banyak lagi. Depot Tip-top berlokasi di Pasar Atom Tahap 2, Lantai 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X