Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pilih Daging Bebek yang Tepat untuk Masakan, Perhatikan Kulitnya!

Kompas.com - 03/11/2020, 11:11 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Daging bebek bisa diolah menjadi beragam masakan. Putuskan dulu mau membuat masakan apa. Bebek panggang, rica-rica, atau taliwang misalnya. Pasalnya, umur bebek memengaruhi jenis masakan.

Baca juga: Resep Bebek Rica-rica, Enak dan Mudah Dibuat

Daging bebek muda tepat untuk dipanggang, goreng, atau bakar. Sementara daging bebek tua untuk masakan yang proses memasaknya lama seperti dikukus atau direbus.

Sebelum memutuskan untuk mengolah bebek, sebaiknya ketahui dulu cara memilihnya yang tepat dikutip dari buku "Bebek Mania: 17 Resep Bebek Favorit" oleh Tim Dian Rakyat terbitan Dian Rakyat.

 

Cara memilih daging bebek

Sebaiknya pilih bebek yang masih muda agar dagingnya tidak alot dan keras. Umur bebek yang cocok untuk masakan sekitar 3 bulan.

Perhatikan juga warna kulit daging bebek. Pilih yang warnanya putih, menunjukkan daging masih segar.

Jangan membeli bebek yang kulit atau dagingnya berwarna kebiruan atau kehinjauan. Apalagi kalau dagingnya berbau kurang sedap.

Kalau membeli bebek beku, pilih yang warna kulitnya tetap baik dan jernih.

Baca juga: Cara Masak Daging Bebek Agar Empuk dan Tidak Amis

Ilustrasi daging bebek bagian paha. SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO Ilustrasi daging bebek bagian paha.

Ketika membeli daging bebek, pencek bagian dadanya. Hindari membeli bebek yang dadanya kurang berisi. Pilih juga daging bebek yang kakinya lunak dan masih mudah dilipat.

Setelah membeli daging bebek, segera masukkan ke dalam freezer kalau tidak segera diolah. Bungkus dulu menggunakan kantung plastik.

Ciri-ciri bebek lokal dan bebek peking

Di pasaran biasanya terdapat bebek lokal dan bebek China atau disebut bebek peking.

Bebek lokal berumur 3 bulan umumnya punya berat 1-1,2 kilogram tanpa jeroan. Tekstur dagingnya lebih kering dan berlemak, warna kulitnya putih. Selain itu, kaki bebek lokal pendek.

Sementara itu, bebek peking umur 3 bulan punya berat 1,5-3 kilogram tanpa jeroan. Dagingnya lebih tebal dan sedikit berlemak. Bebek peking punya kaki lebih panjang, serta warna kulintya putih menguning.

Buku "Bebek Mania: 17 Resep Bebek Favorit" oleh Tim Dian Rakyat terbitan Dian Rakyat dapat dibeli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com