Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara William Wongso Perkenalkan Rendang ke Dunia

Kompas.com - 11/11/2020, 17:12 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pakar kuliner William Wongso punya sejumlah cara untuk menperkenalkan kuliner Indonesia kepada dunia.

William pernah berkolaborasi dengan koki kenamaan dunia Gordon Ramsay dengan memasak rendang. Kolaborasi tersebut tayang di saluran National Geographic pada bulan Juni 2020 lalu.

William berujar, dalam setiap kesempatan ia selalu meminta orang luar negeri yang dikenalnya untuk mencicipi rendang.

Terutama bila ada acara formal yang menghadirkan banyak perwakilan negara.

"Saya suruh makan. Saya ke luar negeri bikin (rendang) di sana. Ada orang Jerman sampai enggak lupa (rasa rendang)," ucap William saat live bersama @my.foodplace, Selasa (10/11/2020)

Baca juga: 5 Kreasi Masakan Bumbu Rendang, dari Nasi Goreng sampai Omelet

William mengisahkan, pernah dalam suatu acara di Kota Wina (Vienna), Austria, sajian rendang ludes dalam waktu emat jam. Padahal saat itu dia memasak belasan kilo daging rendang.

Pakar kuliner William Wongso menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay. Dok. National Geographic Pakar kuliner William Wongso menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay.

"Saya pernah masak di kondangan itu orang Jerman sepiring kecil rendang bertumpuk. Bukan yang ditunggu-tunggu, mereka enggak tau rasanya, tapi sekali coba mereka ketagihan," kata dia.

Pria berusia 73 tahun ini berharap, warga Indonesia setidaknya bisa melakukan hal yang sama untuk memperkenalkan masakan Indonesia di mata dunia.

Ia bahkan meminta agar orang Indonesia yang bakal belajar ke luar negeri, setidaknya bisa memasak lima hingga sepuluh jenis makanan khas Indonesia.

Baca juga: Cara Pilih Daging untuk Rendang ala William Wongso, Perhatikan 2 Hal Ini

Jadi, saat ada acara berkumpul bersama rekan dari negara lain, orang Indonesia bisa menyajikan masakan tradisional tersebut.

"Alangkah baik sebelum berangkat bisa masak makanan praktis 5 sampai 10 makanan, jangan hanya ngomongin pemandangan pariwisata," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com