Bangkitnya Songkol, Makanan Khas Manggarai yang Sempat Dilupakan

Kompas.com - 10/11/2020, 22:02 WIB
Makanan Songkol merupakan kuliner khas Kabupaten Manggarai Barat, NTT. saat ini gencar disajikan kepada tamu yang berkunjung ke Labuan Bajo. (HANDOUT/WARGA MANGGARAI BARAT) HANDOUT/WARGA MANGGARAI BARATMakanan Songkol merupakan kuliner khas Kabupaten Manggarai Barat, NTT. saat ini gencar disajikan kepada tamu yang berkunjung ke Labuan Bajo. (HANDOUT/WARGA MANGGARAI BARAT)

LABUAN BAJO, KOMPAS.com- Masyarakat Manggarai Barat punya makanan tradisional berbahan tepung singkong bernama songkol.

Songkol mulai diperkenalkan kepada wisatawan mancanegara dan nusantara, seiring Manggarai Barat ditetapkan sebagai kawasan pariwisata super premium. 

Boe Berkelana, masyarakat Manggarai Barat sekaligus pemandu di Manggarai Barat menjelaskan, sebelum mengenal beras orang-orang Manggarai Raya (Manggarai, Manggarai Barat dan Timur) hanya makan jagung dan umbi-umbian.

Baca juga: Cara Penjual Kue Tradisional Indonesia Bersaing dengan Kue Modern

Masyarakat Manggarai mengolah jagung atau latung dalam bahasa setempat menjadi beberapa jenis makanan.

Sebut saja lenco, rebok, wesang, luwuk, latung cero, latung tuk, latung bombo, dan lainnya.

Sementara singkong diolah menjadi lemet, songkol, sobol, jojong, dan lain-lain.

Namun, seiring perkembangan zaman beberapa makanan tersebut sudah jarang ditemui dalam keseharian masyarakat.

Baca juga: Resep Ongol-ongol Singkong, Kue Tradisional Bertabur Kelapa Parut

 

Sebab masyarakat lokal lebih memilih beras sebagai makanan pokok ketimbang umbi-umbian.

Beberapa di antaranya memang masih bisa dinikmati, khususnya wilayah pelosok. Namun, songkol salah satu makanan tradisional Manggarai yang hampir dilupakan.

Songkol di Manggarai Barat, boleh jadi penyebutannya berbeda untuk Manggarai Tengah dan Timur, makanan ini dibuat dari tepung singkong kering (tete kilu).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X