Kompas.com - 01/11/2020, 12:15 WIB
Tahu Go! adalah jajanan tahu goreng renyah yang sedang viral Dok. Instagram @tahugoidTahu Go! adalah jajanan tahu goreng renyah yang sedang viral

KOMPAS.com - Pada MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (31/10/2020), para peserta ditantang untuk membuat aneka gorengan.

Namun ada beberapa peserta yang membuat tahu goreng bertekstur keras dan ada yang kurang renyah. Melansir artikel Kompas.com, berikut cara membuat tahu goreng agar teksturnya crispy.

Baca juga: Tips Menggoreng Tahu Renyah di Luar Tapi Lembut di Dalam

Seimbangkan bumbu yang digunakan

Bumbu yang dipersiapkan sangat sederhana yaitu bumbu dapur pada umumnya yang terdiri dari garam, bawang putih, bawang merah serta bumbu-bumbu yang lain. Bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan tepung beserta air.

Bumbu yang digunakan secara garis besar adalah bumbu dapur itu. Namun kuncinya agar bumbu terasa nikmat juga dari keseimbangan rasanya.

Tahu goreng renyah ala Tahu Go!Dok. Instagram @tahugoid Tahu goreng renyah ala Tahu Go!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan adonan cair

Tambahkan air yang cukup banyak dan sedikit tepung pada bumbu hingga menjadi adonan. Adonan yang diinginkan bertekstur cair tetapi tidak menghilangkan cita rasa gurih dari bumbu.

Jika adonan tepung terlalu kental maka kulit akan terlalu tebal dan susah garing. Kekentalan adonan harus sedang sedikit encer, tetapi jangan pula terlalu encer.

Pastikan takaran tepung tepat

Adonan kulit tahu kriuk harus menggungkan tepung beras basah karena akan menghasilkan kulit yang garingnya tahan lama.

Namun tepung beras punya efek membuat kulit tahu keras jika takarannya tidak tepat. Jadi takaran tepung beras harus dicampurkan dengan tepung terigu dengan perbandingan 1:1.

Baca juga: Resep Tahu Kremes ala Tahu Go yang Viral di Yogyakarta

Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!Dok. Instagram @tahugoid Tahu goreng renyah yang sedang digoreng ala Tahu Go!

Teknik menggoreng

Kunci agar tahu memiliki tekstur renyah ada pada penggorengan. Tahu yang sudah dibumbui dan dicampur dengan adonan bisa digoreng dengan api sedang.

 

Cara penggorengan tahu agar crispy sedikit berbeda dengan gorengan biasa. Jadi butuh teknik untuk cara menggorengnya selama 15 sampai 30 menit.

Selama proses menggoreng tidak boleh berhenti mengaduk dan tuangkan bersama dengan adonannya.

Cara menggorengnya cukup mudah, pertama-tama tuangkan minyak di atas wajan, tunggu hingga panas lalu masukkan tahu yang sudah dipotong kubus tanpa dibumbui.

Baca juga: Ciri-ciri Minyak Goreng yang Cocok buat Deep Frying, Perhatikan Suhu

Setelah tahunya masuk ke dalam wajan, tambahkan adonan tepung yang dicampur dengan bumbu dapur, lalu aduk terus hingga warnanya coklat keemasan.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X