Kompas.com - 11/10/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi menggoreng pastel pakai minyak goreng. PIXABAY/HANS BRAXMELERIlustrasi menggoreng pastel pakai minyak goreng.

KOMPAS.com - Makanan yang digoreng dengan teknik deep frying mempunyai karakteristik berwarna keemasan, renyah, dan lezat.

Tidak sembarang minyak dapat dipakai dan bagus untuk deep frying.

Penggunaan minyak dapat memengaruhi hasil gorengan. Kalau tidak tepat, dapat membuat gorengan memjadi tidak enak atau gosong.

Lalu minyak goreng apa yang bagus buat deep frying? Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi dari minyak yang akan dipakai untuk deep frying dilansir dari The Spruce Eats.

1. Titik asap minyak goreng memadai

Dalam memasak dengan teknik deep frying, minyak yang digunakan harus memiliki titik asap yang memadai. Titik asap mengacu pada suhu ketika minyak mulai terbakar dan berasap.

Pasalnya setiap jenis minyak mempunyai reaksi yang berbeda terhadap panas. Namun secara umum minyak akan mengikuti suhu panas, semakin naik suhu api maka minyak akan semakin panas.

Maka dari itu berarti minyak tertentu lebih baik untuk menggoreng daripada yang lain.

Titik asap yang tinggi berarti minyak dapat dipanaskan hingga suhu yang relatif tinggi sebelum mulai mengeluarkan asap.

Jika kamu memasak dengan minyak yang dipanaskan melewati titik asapnya, maka hal ini akan membuat makanan menjadi gosong. Bahkan dapat memicu kebakaran pada minyak.

Titik asap yang tinggi dari minyak juga dapat mempertahankan lapisan renyah tanpa membuatnya menjadi berminyak. Sehingga kualitas dan rasa gorengan akan baik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X