Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Minum Espresso Layaknya Orang Italia, Minum dengan Cepat

Kompas.com - 05/10/2020, 10:10 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Orang Italia memiliki budaya minum kopi yang begitu kental. Sehingga mereka sangat serius terhadap konsumsi kopi yang mereka termasuk dalam menikmati espresso.

Melansir Business Insider, espresso adalah hasil ekstraksi biji kopi yang diseduh dengan air panas bertekanan tinggi.

Waktu yang digunakan untuk menyeduh bubuk kopi sangat singkat. Kecepatan penyeduhan espresso tidak boleh lebih dari 25 detik menurut aturannya. Itu sebabnya minumannya diberi nama espresso yang berarti cepat dalam bahasa Italia.

Baca juga: Tips Bikin Kopi Espresso Agar Rasanya Tidak Terlalu Asam, Jangan Over Extraction

Memperhatikan kebiasaan orang Italia minum segelas espresso akan terlihat menarik. Bagaimana cara minum kopi espresso layaknya orang Italia itu? Mari kita simak.

1. Pesan espresso dengan tepat

Orang Italia serius dengan kopi mereka, jadi kamu pun bisa meniru kebiasaan ini. Langkah pertama adalah pesan espresso dengan tepat.

Saat memesan, orang Italia akan memilih espresso single shot atau espresso double shot. Setelah memesan, pelanggan akan langsung membayar kopi ke kasir.

2. Memesan dan menikmati espresso di meja bar

Ilustrasi pencinta kopi sedang menikmati espresso di meja bar. SHUTTERSTOCK/KZENON Ilustrasi pencinta kopi sedang menikmati espresso di meja bar.

Setelah membayar kopi, pelanggan menuju ke meja bar untuk memberi kertas berisi pesanan kepada barista.

Kemudian pelanggan menunggu dengan cepat espresso yang sedang diracik oleh barista. Para barista hanya akan meracik kopi sesuai pesanan supaya kopi masih segar dan panas.

Orang Italia biasanya menikmati kopi di bar, area cepat untuk menyesap espresso. Mereka jarang minum espresso sembari duduk berlama-lama.

3. Sabar menunggu espresso

Minum espresso pada pagi hari menjadi kebutuhan orang Italia. Sehingga mereka akan menunggu barista menyiapkan espresso terbaik mereka.

Baca juga: Apa Bedanya Rasa Kopi Espresso Pakai Biji Arabika dengan Robusta?

Sembari menikmati espresso, kamu dapat sekalian makan pastry maupun mengobrol sejenak dengan pengunjung lain.

4. Pegang cangkir dengan menawan

Ilustrasi pencinta kopi sedang menyeruput espresso. SHUTTERSTOCK/ALESSANDROBIASCIOLI Ilustrasi pencinta kopi sedang menyeruput espresso.

Dikutip dari Travel and Leisure, cangkir espresso begitu kecil termasuk pegangannya. Orang Italia biasanya cukup menggunakan ujung jari.

Mereka tidak melingkarkan jari ke dalam pegangan, karena ukurannya sangat kecil. Gerak tangan orang Italia tersebut terlihat menawan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com