Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu?

Kompas.com - 01/10/2020, 15:09 WIB
Ilustrasi kopi susu kekinian. SHUTTERSTOCK/ANNA_PUSTYNNIKOVAIlustrasi kopi susu kekinian.

KOMPAS.com - Kopi susu beberapa tahun belakangan menjadi tren yang digandrungi banyak kalangan terutama anak muda Indonesia.

Baca juga: 8 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta, Kopi Es Tak Kie sampai Kwang Koan Kopi Johny

Deretan kedai kopi bermunculan dan menyajikan racikan es kopi susu khas mereka untuk pelanggan.

Lalu apa yang membuat es kopi susu begitu populer dan bahkan mudah diterima lidah orang Indonesia?

Baca juga: Alasan Es Kopi Susu Begitu Populer di Tengah Masyarakat Indonesia

Menurut pemilik usaha  Kopi Tuku, Andanu Prasetyo, es kopi susu populer di Indonesia karena rasa yang familiar. Rasa kopi susu mirip dengan jajanan yang mudah ditemukan sehari-hari.

Pria yan akrab disapa Tyo ini membandingkan kopi susu dengan es cendol yang menggunakan gula merah.

"Ada banyak jajanan yang pakai kelapa dan gula merah. Jadi itu relevan dengan rasa kopi susu yang menggunakan gula merah," jelas Typ ketika ditemui Kompas.com di M Bloc Space, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Ilustrasi es kopi susu kemasan botolDok. Shutterstock Ilustrasi es kopi susu kemasan botol

Menurutnya, orang Indonesia menginginkan kopi yang tidak terlalu asam dengan medium dark roast. Ia pun memilih menggunakan biji arabika untuk memajukan kopi Indonesia.

Hal tersebut berasal dari riset yang dilakukan di Kopi Tuku. Riset dilakukan dengan bertanya pada orang-orang tentang cita rasa kopi seperti apa yang mereka inginkan.

Baca juga: Apa Itu Roda Rasa Kopi? Panduan Barista untuk Icip Kopi

Ia juga menemukan, orang-orang menyukai kopi yang dingin dan manis, serta harganya pun harus cukup murah.

Dari sana, Tyo pun memiliki gagasan dan berusaha agar orang-orang bisa memperoleh kopi dengan mudah dan murah. Jadilah es kopi susu ala Tuku.

D isamping itu, menurut Founder dari Jago Coffee dan Common Grounds Coffee, Yoshua Tanu, tren es kopi susu diprediksi akan terus menguat.

Bahkan ia menggangap kopi susu bisa jadi trademark Indonesia di mata dunia.

Ia memaparkan jika Indonesia punya banyak macam kopi. Yoshua optimis bisa mengembangkan kultur kopi dengan adanya edukasi mengenai kopi. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X