Warung Mi Badrun Legendaris di Bali, Menjual Mi Lontong Bumbu Kacang

Kompas.com - 26/09/2020, 16:28 WIB
Mi Badrun, Mi Instan dengan Campuran Lontong, Tahu dan Bumbu Kacang Kompas.com/ Imam RosidinMi Badrun, Mi Instan dengan Campuran Lontong, Tahu dan Bumbu Kacang

DENPASAR, KOMPAS.com - Sudah lebih dari 25 tahun lamanya Ayuni (55) dan suaimnya, Badrun, berjualan mi lontong tahu di Denpasar, Bali.

Baca juga: 8 Warung Makan Ramah Muslim di Bali yang Terkenal di Kalangan Wisatawan

Warung yang selalu ramai pembeli ini beralamat di Jalan Turi No.21, Kesiman, Denpasar Timur. Makanan yang disajikan oleh warung Mie Lontong Tahu Badrun tergolong unik.

Bagaimana tidak? Menunya mi instan goreng maupun kuah dicampur dengan lontong tahu dan bumbu kacang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, ditambahkan potongan tahu goreng, telur mata sapi, potongan cabai rawit, dan kerupuk rambak sebagai pelengkap.

Jadi cara membuatnya, mi instan direbus seperti biasa dan ditambahkan sawi. Setelah matang lalu dicampur semua bumbu-bumbu mi di dalam mangkuk.

Setelah itu, ditambahkan potongan lontong dan tahu. Terakhir, mi goreng atau mi kuah tersebut disiram dengan bumbu kacang dan potongan cabai rawit.

Mi Badrun, Mi Instan dengan Campuran Lontong, Tahu dan Bumbu Kacang Kompas.com/ Imam Rosidin Mi Badrun, Mi Instan dengan Campuran Lontong, Tahu dan Bumbu Kacang

Ayuni menceritakan bagaimana awalnya ia menemukan makanan kombinasi mi lontong dengan bumbu kacang ini.

Sekitar 1990-an, Ayuni bersama suaminya berjualan lontong tahu dengan bumbu kacang khas Lombok.

Mereka berjualan secara keliling di kawasan Jalan Ratna - Kenyeri - Puri Raharja - Markas Polda Bali, Denpasar.

Lalu sekitar 1995, ia memiliki seorang pelanggan anggota polisi yang bertugas di Polda Bali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X