Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Makan Ikan Kakap Panggang Bungkus Garam di Karma Beach Bali

Kompas.com - 15/06/2020, 14:15 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


BALI, KOMPAS.com - Memakan ikan kakap di tepi pantai dengan segarnya angin sepoi-sepoi dan aroma laut yang asin jadi kenikmatan yang luar biasa.

Apalagi jika ikannya dimasak dengan cara unik seperti yang dilakukan di Karma Beach, Karma Kandara, Uluwatu, Bali.

Baca juga: Cara Simpan Ikan dan Seafood Mentah yang Benar di Kulkas

Dalam sesi makan malam, salah satu sajian yang menarik perhatian adalah sebongkah tumpukan garam besar yang dibawa dalam nampan panjang.

Tak itu saja, payu kecil dari kayu juga dibawa oleh sang pramusaji bersamaan dengan nampan berisi tumpukan garam tersebut.

Ternyata, itu bukan hanya tumpukan garam tapi merupakan ikan kakap yang dipanggang dalam tumpukan garam.

Whole fish baked in salt crust, jadi nama sajian tersebut. Cara penyajiannya unik. Pramusaji meletakkan nampan di atas meja, lalu ia mengetukkan palu kayu tersebut ke atas tumpukan garam.

Tak terlalu keras, dan pelan-pelan tumpukan tersebut terpecah dan memperlihatkan seekor ikan besar yang dibungkus dengan daun pisang. Ikan kakap merah tersebut terlihat masih mengepulkan asap panas.

Salt-Baked Fish di Karma Beach Club, Karma Kandara ResortSYIFA NURI KHAIRUNNISA Salt-Baked Fish di Karma Beach Club, Karma Kandara Resort

Teknik memasak dengan menggunakan garam telah lama dikenal. Gunanya, adalah untuk mempertahankan kelembaban daging ikan, membuatnya lembut dan berminyak. Selain itu, untuk menambah rasa juga.

“Tidak akan membuat ikan jadi terlalu asin. Garam ini untuk mempertahankan kelembaban saja, menjaga ikan tetap lembut dalam proses pemasakan,” ujar Joseph Antonishek, Executive Chef dari Restoran di Mare, Karma Kandara.

Benar saja, ketika lapisan garam sudah selesai dipecahkan, ikan di dalamnya terlihat begitu lembut dan berminyak. Ketika Kompas.com mencicipinya, daging ikan terasa gurih dan manis di saat yang bersamaan.

Ada sedikit jejak aroma daun pisang yang harum tertinggal pada daging. Namun benar saja, daging tak terasa terlalu asin karena garam yang ditempelkan pada ikan tak menempel dan terserap ke dalam daging.

Salah satu bagian ikan yang paling enak adalah kepalanya. Sayangnya, di Karma Kandara ini jika tamu tak meminta, maka pramusaji akan langsung membuang bagian kepala ikan.

Maka dari itu, sebaiknya katakan sejak awal bahwa kamu ingin memakan kepala ikan tersebut.

Ilustrasi ikan panggang garamShutterstock Ilustrasi ikan panggang garam

Resep whole fish baked in salt crust

Cara membuatnya di rumah sebenarnya tak sulit. Bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya cukup sederhana.

Bahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com