10 Oleh-Oleh Khas Malang, Olahan Apel sampai Bakso Frozen

Kompas.com - 26/09/2020, 20:20 WIB
Apel Malang KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAApel Malang

KOMPAS.com – Malang mempunyai beragam jajanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Mulai dari beragam olahan apel, aneka keripik, sampai bakso frozen.

Kalau berada di Kota Malang, kamu bisa mampir ke Jalan Sanan dan Jalan R. Tumenggung Suryo. Toko oleh-oleh Malang berjejer di sini. Ada Lancar Jaya dan Swari yang cukup terkenal.

Berikut 10 oleh-oleh khas Malang yang bisa kamu bawa pulang.

1. Apel Malang

Malang dikenal sebagai kota penghasil apel. Apel Malang berukuran kecil dengan warna hijau. Ada juga apel warna hijau dengan semburat merah.

Rasa apel Malang cenderung asam, tetapi tetap ada rasa manisnya.

Apel Malang banyak dijual di pasar tradisional. Beberapa pedagang apel Malang juga menjajakan dagangannya di pinggir jalan provinsi. Sehingga mudah dijangkau wisatawan.

2. Keripik apel

Ilustrasi keripik apel, salah satu oleh-oleh khas Malang.SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi keripik apel, salah satu oleh-oleh khas Malang.

Sebagai penghasil apel, kamu dapat menemukan macam-macam olahan apel. Keripik apel merupakan olahan apel yang cukup populer.

Selain apel, ada juga keripik buah lain. Kamu akan menemukan keripik nangka, mangga, salak, nanas, semangka, dan banyak lainnya.

3. Keripik ceker

Ilustrasi keripik ceker ayam, oleh-oleh khas Malang. SHUTTERSTOCK/HARISMOYO Ilustrasi keripik ceker ayam, oleh-oleh khas Malang.

Keripik di Malang bukan hanya terbuat dari buah, melainkan juga ceker (kaki) ayam.

Camilan ringan ini terbuat dari ceker ayam yang sudah dibuang tulangnya. Kemudian digoreng hingga garing. Keripik ceker ini bisa jadi oleh-oleh untuk camilan di rumah.

4. Carang mas

Ilustrasi carang mas, camilan tradisional khas Malang. Carang mas terbuat dari ubi manis, bentuknya seperti mi. SHUTTERSTOCK/NILASITO Ilustrasi carang mas, camilan tradisional khas Malang. Carang mas terbuat dari ubi manis, bentuknya seperti mi.

Oleh-oleh khas Malang berikutnya bernama carang mas. Camilan tradisional ini bentuknya seperti mi.

Carang mas terbuat dari ubi jalar serut, kemudian dicampur dengan gula merah. Campuran itu dipadatkan dan dibentuk bulat.

Rasa carang mas manis dan teksutrnya renyah. Camilan ini cukup tahan lama jadi bisa dijadikan oleh-oleh.

5. Pia Mangkok

Ilustrasi pia dari Malang. Pia ini punya kulit pastry tebal, isinya kacang hijau manis. SHUTTERSTOCK/PUSPA MAWARNI168 Ilustrasi pia dari Malang. Pia ini punya kulit pastry tebal, isinya kacang hijau manis.

Pia Cap Mangkok adalah salah satu oleh-oleh legendaris dari Malang. Sudah ada 1959.

Pia Mangkok mempunyai kulit pastry tebal. Pia klasik berisi kacang hijau. Namun terdapat beragam pilihan rasa lain seperti keju, cokelat, durian, dan green tea.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X