Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Oleh-Oleh Khas Malang, Olahan Apel sampai Bakso Frozen

KOMPAS.com – Malang mempunyai beragam jajanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Mulai dari beragam olahan apel, aneka keripik, sampai bakso frozen.

Kalau berada di Kota Malang, kamu bisa mampir ke Jalan Sanan dan Jalan R. Tumenggung Suryo. Toko oleh-oleh Malang berjejer di sini. Ada Lancar Jaya dan Swari yang cukup terkenal.

Berikut 10 oleh-oleh khas Malang yang bisa kamu bawa pulang.

1. Apel Malang

Malang dikenal sebagai kota penghasil apel. Apel Malang berukuran kecil dengan warna hijau. Ada juga apel warna hijau dengan semburat merah.

Rasa apel Malang cenderung asam, tetapi tetap ada rasa manisnya.

Apel Malang banyak dijual di pasar tradisional. Beberapa pedagang apel Malang juga menjajakan dagangannya di pinggir jalan provinsi. Sehingga mudah dijangkau wisatawan.

Sebagai penghasil apel, kamu dapat menemukan macam-macam olahan apel. Keripik apel merupakan olahan apel yang cukup populer.

Selain apel, ada juga keripik buah lain. Kamu akan menemukan keripik nangka, mangga, salak, nanas, semangka, dan banyak lainnya.

Keripik di Malang bukan hanya terbuat dari buah, melainkan juga ceker (kaki) ayam.

Camilan ringan ini terbuat dari ceker ayam yang sudah dibuang tulangnya. Kemudian digoreng hingga garing. Keripik ceker ini bisa jadi oleh-oleh untuk camilan di rumah.

Oleh-oleh khas Malang berikutnya bernama carang mas. Camilan tradisional ini bentuknya seperti mi.

Carang mas terbuat dari ubi jalar serut, kemudian dicampur dengan gula merah. Campuran itu dipadatkan dan dibentuk bulat.

Rasa carang mas manis dan teksutrnya renyah. Camilan ini cukup tahan lama jadi bisa dijadikan oleh-oleh.

Pia Cap Mangkok adalah salah satu oleh-oleh legendaris dari Malang. Sudah ada 1959.

Pia Mangkok mempunyai kulit pastry tebal. Pia klasik berisi kacang hijau. Namun terdapat beragam pilihan rasa lain seperti keju, cokelat, durian, dan green tea.

Bakso merupakan kuliner khas Malang. Orang Malang menyebut bola-bola daging ini sebagai pentol. Sementara bakso adalah sebutan untuk satu rangkaian sajian mulai dari bakso, siomay, tahu, mi, dan gorengan.

Selain makan langsung di tempat, kamu bisa membawa pulang bakso frozen. Bakso Malang yang dikemas dan dibekukan ini cukup tahan lama dibawa bepergian.

Selain sebagai daerah penghasil apel, Malang juga terkenal dengan tempenya. Tempe Malang diolah menjadi camilan siap makan yaitu keripik tempe.

Rasa keripik tempe cukup beragam. Mulai dari original, keju, daun jeruk purut, pedas, barbeku, dan rasa lainnya.

8. Sari apel

Masih ada lagi olahan apel Malang. Selain makanan, kamu akan menemukan minuman sari apel.

Sari apel terbuat dari perasan buah apel. Kemudian dikemas di dalam gelas plastik layaknya air mineral. Ukuran kemasan sari apel bervariasi, mulai dari gelas kecil sampai seperti botol air mineral.

9. Strudel apel

Strudel apel merupakan salah satu oleh-oleh kekinian dari Malang. Strudel apel baru muncul beberapa tahun belakangan dan dijadikan buah tangan dari Kota Malang.

Strudel apel terbuat dari adonan pastry yang diisi dengan apel Malang. Rasa dan bentuk mirip strudel ala Eropa, tetapi isiannya menggunakan buah lokal.

Perpaduan rasa manis dan asam adalah gambaran akan cita rasa strudel apel ini.

Keripik gadung bahan bakunya umbi gadung yang bentuknya mirip kentang.

Menurut penelitian, di dalam umbi gadung terkandung racun. Namun dengan pengolahan yang tepat, racun pada umbi gadung bisa dihilangkan.

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/26/202000275/10-oleh-oleh-khas-malang-olahan-apel-sampai-bakso-frozen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke