Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Tteokbokki Korea Instan, Awet Dikirim sampai ke Luar Kota

Kompas.com - 02/09/2020, 13:03 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com  - Kue beras asal Korea, tteokbokki terkenal sebagai makanan basah. Namun kini sudah ada tteokbokki instan, salah satunya dari merek Korinus K - Bunsik Tokpoki. 

Tok-poki merupakan Tteokbokki instan yang sudah mendapat jaminan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

Produk ini dikemas dalam tempat yang steril dan memiliki dua isian yaitu Tteok atau kue beras dan sausnya yaitu gochujang.

Tokpoki dari Korinus K - Bunsik ada ttoek dan sauskompas.com / Gabriella Wijaya Tokpoki dari Korinus K - Bunsik ada ttoek dan saus

Saus gochujang atau "sambal" khas Korea adalah bumbu fermentasi yang memiliki cita rasa gurih, manis, dan pedas yang terbuat dari bubuk cabai, beras ketan, garam, dan bumbu lainnya.

Tteok dan saus yang dikemas harus direbus terlebih dahulu. Inilah jawaban mengapa produk ini dapat bertahan lama, tak seperti tteokboki pada umumnya. 

Kompas.com sendiri mendapat kiriman Tok-Poki ini dari program I LIKE K-FOOD. Makanan dikirim dari Jakarta ke Jawa Timur. 

Baca juga: 7 Kuliner Pedas Korea yang Pakai Gochujang, Sering Muncul pada Drama

Saat hendak memasak tteokbokki dari K - Bunsik, kamu hanya perlu menyiapkan pan atau teflon dan merebus air.

Langkah pertama ambil 100 ml air dan tuangkan ke pan dan masukkan saus, aduk sampai rata lalu masukkan tteok-nya.

Lalu aduk selama 3 sampai 4 menit, air akan menyusut dan saus akan mulai mengental.

Setelah itu tteok yang keras akan berubah teksturnya menjadi kenyal.

Baca juga: Resep Telur Dadar Gulung ala Korea, 10 Menit Jadi

Rasa saus gochujang dari Korinus K - Bunsik Tokpoki cukup pedas, bagi yang tak bisa memakan makanan pedas lebih baik tambahkan sedikit air supaya sausnya tak begitu kental.

Tak hanya menonjolkan rasa yang pedas, saus gochujang-nya juga memiliki rasa yang manis dan gurih. Rasanya juga tidak membuat enek sehingga di lidah terasa ringan.

Tokpoki dari Korinus K - Bunsikkompas.com / Gabriella Wijaya Tokpoki dari Korinus K - Bunsik

Hal yang menarik lagi adalah tekstur tteok yang empuk dan kenyal. Kenyalnya tak terlalu alot dan lembut saat dikunyah.

Saat memasak kamu bisa menambahkan bawang bombai, irisan sosis, ramen, atau sayuran agar rasa dan isinya beragam. Selain itu kamu juga bisa menambahkan taburan irisan daun bawang.

Baca juga: Ssam, Makan Daging BBQ Bungkus Daun ala Drama Korea

Jika masih ingin berkreasi, kamu juga bisa menambahkan keju mozarella sebagai topping. Setelah matang langsung berikan taburan keju mozarella agar meleleh.

Kamu juga bisa tambahkan telur rebus, rasa tawar dari telur rebus yang berpadu dengan rasa kuat dari gochujang bisa menimnbulkan rasa yang pas.

Produk Korinus K - Bunsik Tokpoki bisa kamu dapat melalui program I LIKE K-FOOD. Program ini dibuat oleh Korea Food Industry Association (KFIA) yang didukung oleh Kementerian Pertanian, Pangan dan Pedesaan Korea Selatan dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT).

Program ini berlangsung sampai 30 November 2020, makanan dan minuman dari Korea Selatan tersebut dijual di zona I LIKE K-FOOD yang berlokasi di beberapa supermarket Jakarta dan e-commerce kategori Korean Food.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com