4 Bahan Makanan untuk Pewarna Biru Alami, Bunga Telang sampai Blueberry

Kompas.com - 01/09/2020, 22:10 WIB
Ilustrasi chor ladda, kue tradisional Thailand berbentuk bunga. SHUTTERSTOCK/MYFORCEPHOTOIlustrasi chor ladda, kue tradisional Thailand berbentuk bunga.

KOMPAS.com - Pewarna kue kerap digunakan untuk membuat makanan terlihat lebih menarik. Misalnya warna biru yang biasanya digunakan untuk membuat pancake, cake, maupun frosting.

Baca juga: 8 Bahan Pewarna Makanan Alami untuk Bikin Warna Merah

Selain menggunakan pewarna makanan buatan, terdapat bahan makanan alami sumber pewarna biru yang lebih sehat.

Kebanyakan pewarna makanan alami dari sayur dan buah mengandung polifenol yang merupakan antioksidan, seperti dikutip dari jurnal berjudul "Natural Food Colouring: A Healthier Alternative to Artificial Food Colouring" (2013) karya M. Y. Kamatar.

Mulai dari bunga telang sampai blueberry, berikut pewarna alami biru yang dapat kamu gunakan.

1. Bunga telang

Ilustrasi pulut tai tai, kue peranakan dari Malaysia. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi pulut tai tai, kue peranakan dari Malaysia.

Butterfly pea flower atau dikenal sebagai bunga telang di Indonesia merupakan pewarna biru alami yang juga biasanya dikeringkan untuk teh.

Baca juga: 16 Jenis Edible Flower di Indonesia, Bunga yang Bisa Dimakan

Menurut instructables.com, beragam makanan tradisional dari Asia menjadikan bunga telang pewarna alami.

Misalnya pulut tai tai, kue pulut dari Malaysia terbuat dari ketan campur santan dan pandan, diberi warna biru dari bunga telang. Ada juga chor ladda, pangsit basah dari Thailand yang punya bentuk bunga.

Di Indonesia sendiri, bunga telang biasanya dikeringkan kemudian diseduh. Jadilah teh bunga telang.

Perlu diketahui, warna terang bunga telang akan berubah jadi ungu cerah kalau terkena asam berlebih.

2. Kubis merah

Ilustrasi red cabbage. SHUTTERSTOCK/LARISA BLINOVA Ilustrasi red cabbage.

Bukan hanya putih kehijauan, ada juga kubis warna ungu yang disebut red cabbage. Sari kubis ini dapat menghasilkan warna biru, tapi butuh trik khusus.

Dikutip dari The Spruce Eats, begini cara membuat warna biru alami dari red cabbage:

  1. Potong 1/4 bagian kubis, letakkan di teflon dengan 1 cup air. Masak hingga mendidih.
  2. Kecilkan api, masak kembali selama 20 menit.
  3. Kalau sudah matang, saring supaya tidak ada sisa irisan kubis. Pada proses ini, warna kubis masih ungu. Campur dengan 1 sendok teh baking soda untuk mengubahnya menjadi biru.
  4. Rebus sampai air berkurang 1/2 atau lebih untuk menghasilkan warna biru yang lebih instens. Dinginkan. Barulah pakai untuk mewarnai makanan.

Warna biru dari red cabbage bisa kembali jadi ungu kalau terkena asam. Jadi kurangi penggunaan bahan makanan mengandung asam pada resep.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X