Kompas.com - 27/08/2020, 19:13 WIB
Ilustrasi potong bawang putih. SHUTTERSTOCK/ By Art_PhotoIlustrasi potong bawang putih.

KOMPAS.com – Penggunaan bawang putih pada masakan tidak bisa dihindari, sebab bawang putih menjadi bumbu wajib pada setiap masakan rumahan.

Baik hanya dengan mengupas, memotong, atau menguleknya, aroma bawang putih akan melekat di tangan setelah kita menyentuhnya langsung.

Bau bawang putih pada tangan ini cukup menggangu penciuman. 

Baca juga: Cara Mudah Potong Bawang Bombai, Tips dari Chef

Melansir The Spoon University, ada bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau bawang pada tangan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Baja tahan karat (stainless steel)

Baja tahan karat menjadi pilihan paling efektif untuk menghilangkan bau bawang. Namun, jika menggunakan baja tahan karat akan butuh waktu lebih lama untuk menghilangkan baunya.

Jadi jika kamu ingin bau bawang segera hilang mungkin kamu bisa pakai bahan-bahan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Lemon

Lemon juga dapat menghilangkan bau bawang pada tangan kamu, sekaligus membuat tangan beraroma segar lemon. 

Lemon ini dapat bekerja lebih cepat dalam menghilangkan bau bawang pada tangan dibandingkan dengan baja tahan karat. 

Sebelum mengolesi tangan dengan lemon, pastikan tidak ada luka di tanganmu karena luka akan terasa perih jika terkena air lemon.

3. Pasta gigi

Bahan penghilang bau bawang pada tangan berikutnya adalah pasta gigi. Kamu bisa gunakan pasta gigi untuk mencuci tangan sehabis bersentuhan langsung dengan bawang putih.

Baca juga: Bumbu yang Bisa Hilangkan Bau Amis Seafood, Bawang Putih sampai Kecap

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X