Kompas.com - 06/06/2020, 19:39 WIB
Ilustrasi seafood elena_hramowaIlustrasi seafood

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat teknik dan trik sendiri untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan seafood.

Banyak cara yang bisa dilakukan dari memarinasinya dengan jeruk nipis, memasaknya dengan jahe, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Resep Tom Yum Seafood, Buat Kamu yang Kangen Kuliner Thailand

Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa, menjelaskan trik dan tips menghilangkan bau amis pada ikan dan seafood.

"Kalau makanan Indonesia pada dasarnya dimasak menggunakan bawang putih agar amisnya hilang, kalau metode masaknya misalkan dibakar bisa menggunakan bumbu olesnya itu,” jelas Nyoman Putra Yasa kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Selain menghilangkan bau amis ikan dengan dimarinasi, bumbu masak seperti bumbu olesan ikan atau seafood bakar bisa membantu menghilangkan bau amis. Contohnya, dalam bumbu olesan tersebut terdapat cabai, kecap, dan jeruk nipis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecap juga bisa membantu menghilangkan aroma amis dari ikan atau seafood. Kecap saat dibakar maka aromanya akan keluar lebih kuat.

“Dia akan caramelize, lalu nempel pada ikan atau seafood tersebut,” papar Yasa.

Ilustrasi gurita bakar. PIXABAY/WERASAK Ilustrasi gurita bakar.

Selain itu saat proses masak, ikan dan seafood bisa diolah dengan bahan dan bumbu yang memiliki cita rasa asam. Contoh masakannya seperti asam-asam ikan, garang asem ikan, kerapu asam manis, dan masih banyak lagi.

Bumbu yang bisa membantu menghilangkan bau amis adalah jeruk nipis, bawang putih, dan jahe. Bisa juga ditambahkan belimbing wuluh dan tomat.

Ikan dan seafood yang diolah gaya oriental akan dimasak dengan irisan jahe dan bawang putih. Teknik ini juga bisa membantu menghilangkan bau amis dari cumi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.