Kompas.com - 26/08/2020, 21:55 WIB
Ilustrasi cumi segar. SHUTTERSTOCK/PORING STUDIOIlustrasi cumi segar.

KOMPAS.com - Cara mengolah cumi terbilang susah-susah gampang. Bukan hanya hati-hati pada kantung tinta, durasi masak cumi harus diperhatikan.

Baca juga: 3 Tips Hilangkan Bau Amis Pada Tinta Cumi untuk Jadi Masakan

Pasalnya, cumi jadi alot atau bertekstur seperti karet kalau terlalu lama dimasak. Selain itu, daging cumi bisa kurang empuk kalau cara memasaknya kurang tepat.

Untuk menghindari tekstur alot atau tidak empuk, coba ikuti tips berikut.

1. Beli cumi segar

Menurut Marthastewart.com, cumi segar dapat dilihat dari tekstur daging padat, warna putih berkilau, dan aromanya seperti lautan.

Tekstur cumi bergantung juga pada ukuran, semakin kecil maka semakin empuk.

Baca juga: Cara Pilih Ikan, Cumi-cumi, dan Seafood Lain yang Segar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Empukkan cumi sebelum dimasak

Ilustrasi cumi-cumi mentah dimarinasi dengan lemon. PIXABAY/PAUL MACKEY Ilustrasi cumi-cumi mentah dimarinasi dengan lemon.

Setelah cumi bersih, empukkan dengan cara dipukul menggunakan palu daging atau wajan datar. Pukul secara perlahan pada kedua sisi, jangan sampai daging cumi hancur.

Cara lain mengempukkan cumi, rendam dalam perasan lemon selama lebih kurang 5 menit. Pada proses ini daging cumi akan melengkung, kamu bisa berikan pemberat di atas daging.

Belah daging cumi, iris memanjang dari atas ke bawah. Bisa juga dipotong jadi seperti cincin. Sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Jangan masak cumi terlalu lama

Ilustrasi cumi-cumi bakar. PIXABAY/PEGGY UND MARCO LACHMANN-ANKE Ilustrasi cumi-cumi bakar.

Durasi mengolah cumi berbeda tergantung cara memasaknya, seperti dilansir dari SajianSedap. Berikut rekomendasi durasi masak cumi supaya tidak alot:

  • Tumis 3-5 menit
  • Panggang maksimal 5 menit
  • Pan seared (dibakar di atas wajan) 1,5 menit
  • Goreng 5 menit, masukkan saat minyak sudah panas
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.