Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ukur Bahan Kue Tanpa Timbangan, Biar Sesuai Resep

Kompas.com - 29/08/2020, 19:39 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terkadang ketika melihat resep terdapat satuan dan unit pengukuran yang kurang familier dan berbahasa Inggris pounds dan ounce.

Cara mengukur bahan kue tanpa timbangan adalah dengan mengetahui konversi takaran satuan resep.

Baca juga: 7 Cara Ukur Tepung yang Akurat untuk Bikin Roti dan Kue

Melansir The Spruce Eats, menjabarkan takaran dan cara ukur sistem metrik dengan bobot yang dicantumkan dalam gram. Kamu bisa mengetahui cara menentukan konversi antara unit pengukuran berat yang berbeda.

Jika salah melihat takaran akan berujung rumit, nantinya resep yang sudah kamu buat bisa tak sesuai dengan ekspektasi. Pertama-tama ini beberapa ukuran dasar konversi :

Ons

Pounds Gram Kilogram
1 1/16 28 0.028
4 1/4 113 0.113
8 1/2 227 0.227
16 1

454

0.454

Kesetaraan kunci:

  • 1 ons = 28 gram
  • 1 pon = 16 ons
  • 1 pound = kurang lebih 1/2 kilogram
  • 1 kilogram = 1.000 gram
  • 1 kilogram = 2,2 pon

Contoh ketika kamu hendak membeli sesuatu dengan takaran 21 gram, bagi dengan 28 untuk mendapatkan satuan per onsnya, jadi 3/4 (0,75) ons.

Demikian pula, jika kamu akan membeli 4 ons keju cheddar yang disebut dalam resep maka sama saja dengan 112 gram. Selain bedasarkan satuan konversi, berikut cara mengubah berat ke ukuran konversi dan takaran sendok.

Baca juga: Resep Martabak Manis Rumahan, Pakai Takaran Sendok

Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORYCOM Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar.

Takaran menurut berat dan takaran volume

Sebagian besar resep di Amerika Serikat mengukur bahan berdasarkan volume daripada berat, sedangkan di tempat lain di dunia, lebih umum mencantumkan menurut berat metrik.

Contoh, resep yang dikembangkan di dapur uji A.S. mungkin membutuhkan 3 sendok makan mentega, sedangkan resep serupa dari Eropa mungkin mencantumkan jumlah ini sebanyak 40 gram mentega.

Berikut beberapa contoh takaran volume yang diubah ke takaran konversi:

Tepung serbaguna yang tidak dikelantang : 1 cangkir = 4 1/4 ons = 120 gram
Tepung terigu : 1 mangkuk = 4 ons = 113 gram
Baking powder: 1 sendok teh = 4 gram
Soda kue: 1/2 sendok teh = 3 gram
Mentega: 1/2 cangkir = 8 sendok makan = 4 ons = 113 gram
Gula putih: 1 cup = 7 ons = 198 gram

Mengukur bahan berdasarkan berat umumnya merupakan metode yang lebih baik dan lebih akurat daripada mengukur berdasarkan volume, terutama dengan bahan seperti tepung yang sering kali menjadi padat selama penyimpanan.

Ilustrasi timbangan makanandok. Africa Studio Ilustrasi timbangan makanan

Mengukur berat dengan timbangan

Timbangan digital sangat membantu pengukuran takaran. Timbangan digital yang baik dapat diatur untuk membaca takaran dalam ons atau gram, sehingga cocok untuk resep apapun yang mungkin sudah disiapkan.

Timbangan dapur adalah alat presisi yang dirancang untuk mengukur secara akurat dalam penambahan berat yang digunakan di banyak resep.

Saat hendak menimbang pasti kamu akan menggunakan wadah, hasil timbangan akan lebih akurat kalau kamu menimbang wadahnya terlebih dahulu dan mencatat beratnya.

Jika sudah masukan bahan kemudian lihat berat totalnya. Kemudian kurangi berat total dengan berat wadah yang sudah kamu ukur sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com