Cloud Bread untuk Menu Diet, Bisa Diolah Jadi Apa Saja?

Kompas.com - 06/08/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi cloud bread dijadikan sebagai sandwich Shutterstock/Natasha BreenIlustrasi cloud bread dijadikan sebagai sandwich


KOMPAS.com – Cloud bread jadi salah satu pilihan makanan pengganti roti yang sering digunakan oleh para pelaku diet seperti diet Paleo, diet bebas karbohidrat, diet tinggi lemak, dan diet bebas gluten.

Seperti dilansir dari Mashed, roti yang hanya dibuat dari tiga bahan dasar yakni putih telur, cream cheese, dan cream of tartar ini bisa dipanggang dan diolah dengan berbagai cara seperti layaknya roti biasa karena rasanya yang cenderung hambar.

Baca juga: Resep Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok, Roti Awan 3 Bahan

Namun jangan mengharapkan rasa dan tekstur yang sama seperti roti biasa. Pasalnya cloud bread dibuat dari putih telur yang dikocok hingga kaku. Sehingga teksturnya jadi lebih mirip meringue kenyal yang baru keluar dari oven.

1. Pizza dan breadstick

Cloud bread bisa dipanggang dalam bentuk besar atau pun potongan kecil, misalnya pizza.

Baca juga: Apa Itu Cloud Bread yang Viral di TikTok? Roti Awan buat Menu Diet

Setelah membuat cloud bread, tambahkan saus tomat dan parutan roti di atasnya. Kemudian masukkan pizza ke dalam oven, panggang hingga keju meleleh.

Waktu memanggang yang dibutuhkan bergantung pada bentuk adonan.

Walaupun camilan ini tak mengandung karbohidrat, baik cloud bread maupun topping yang kamu gunakan mengandung keju sehingga coba kontrol asupan susu dari makanan lainnya.

Jika kamu mengundang tamu yang alergi terhadap gluten, coba beri cloud bread yang dibentuk jadi tongkat. Cukup bentuk adonan jadi tongkat panjang, bukannya lingkaran. Kemudian taburi dengan rempah segar.

Ilustrasi cloud breadShutterstock/SewCream Ilustrasi cloud bread

2. Cloud bread dicampur rempah

Cloud bread sebenarnya telah ada sejak lama. Resep ini jadi pengganti roti untuk para pelaku diet Atkins. Selain mudah dibuat dan bebas karbohidrat, cloud bread juga mudah dikreasikan.

Rasa cloud bread yang ringan bisa kamu tambah dengan aneka rasa yang lebih kuat.

Kamu bisa coba mencampurkan rempah dengan rasa earthy seperti biji jintan bubuk atau bubuk kari ke dalam campuran kuning telur dan cream cheese sebelum dicampurkan dengan putih telur.

Kamu juga bisa menambahkan rasa smoky dengan memberikan bubuk cabai atau paprika asap ke dalamnya.

Sementara untuk sajian manis atau sajian sarapan, kamu bisa menambahkan perasa vanilla atau taburan kayu manis bahkan pala ke dalam adonan.

Taburi bagian atas cloud bread dengan potongan almond, kacang tanah, biji poppy, atau biji wijen tepat sebelum dipanggang untuk memberikan tekstur yang renyah.

Kamu juga bisa coba taburan garam kasar atau lada hitam bubuk untuk memberikan cita rasa gurih. Jika kamu pecinta asam, tambahkan parutan kulit jeruk atau lemon ke dalam adonan sebelum dipanggang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Mashed
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X