Apa Itu Pala Fakfak? Rempah Kaya Manfaat untuk Dijadikan Sirup

Kompas.com - 02/08/2020, 21:55 WIB
Ilustrasi sirup pala Shutterstock/CKP1001Ilustrasi sirup pala


KOMPAS.com – Pala adalah salah satu rempah asli Indonesia yang penggunaannya sangat fleksibel. Pala berasal dari pohon pala atau Myristica fragrans.

Kamu bisa mengolah hampir seluruh bagian tanaman pala jadi aneka olahan makanan dan minuman yang kaya manfaat.

Baca juga: Mengenal Teh Daun Gambir dari Pakpak Bharat yang Banyak Manfaat

Dilansir dari Kompas.com, batang pohon pala biasa disebut kino sering dimanfaatkan sebagai kayu bakar.

Kulit batang dan daun tanamannya bisa menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini jadi salah satu bahan dasar dalam industri minuman dan kosmetik.

Salah satu bagian pala yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian biji dan daging buahnya. Biji pala biasa dijadikan rempah untuk campuran aneka makanan dan minuman.

Biji pala sering digunakan untuk campuran pada makanan penutup seperti pai apel atau pai labu, juga campuran untuk saus alfredo dan bechamel. Sementara minuman seperti eggnog, chai, anggur berempah juga sering menggunakan pala.

Ilustrasi buah palaDok. Shutterstock Ilustrasi buah pala

Biji pala dipercaya sangat baik untuk mengobati gangguan pencernaan seperti muntah-muntah.

Sementara dagingnya bisa diproses jadi aneka makanan dan minuman ringan seperti asinan, manisan, selai, dan bahkan sirup.

Daging buah pala bisa meringankan semua rasa sakit dan nyeri akibat tubuh kedinginan serta lambung dan usus “masuk angin”.

Pala berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Namun selain bisa ditemukan di Banda, pala juga bisa ditemukan di banyak daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjadikan pala sebagai komoditi adalah Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X