Bandrek, Minuman Khas Sunda yang Dahulu Mahal

Kompas.com - 24/07/2020, 15:12 WIB
Ilustrasi bandrek, minuman tradisional khas Sunda. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi bandrek, minuman tradisional khas Sunda.

KOMPAS.com  - Bandrek adalah minuman khas Sunda yang banyak disukai orang. Bandrek umumnya disajikan hangat, sangat pas diminum saat malam hari atau musim hujan.

Bandrek terbuat dari berbagai bahan, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis,cengkeh, serai yang telah digeprek, dan daun pandan.

Baca juga: Torehan Sejarah dalam Segelas Bandrek

Sejarawan makanan Fadly Rahman mengatakan, bandrek merupakan minuman yang dibanggakan dan dimegahkan oleh banyak orang saat zaman kolonial.

Hal tersebut bukan tanpa dasar alasan. Dulu bandrek dianggap mewah karena terdapat banyak rempah dalam komposisi.

Pada zaman kolonial rempah memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa ditukarkan dengan barang berharga seperti emas dan perhiasan.

Pada abad 19-20, perlahan-lahan pamor rempah tak semegah dulu karena perhatian terhadapnya telah digantikan oleh komoditas kopi, teh, dan gula.

Sampai sekarang kopi Indonesia lebih terkenal dibandingkan rempah-rempah Indonesia.

Parmor rempah yang turun, membuat redup gengsi bandrek di tengah masyarakat.

Baca juga: Bandrek, Minuman yang Mempunyai Banyak Khasiat

Namun walaupun sudah banyak yang meninggalkan, bandrek masih tetap diminati dan dicari khususnya di kawasan pengunungan dengan iklim sejuk.

Selain untuk menghangatkan badan, bandrek juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Bandrek durian.M YUSUF ZAIN Bandrek durian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X