Ayam Goreng Mbah Karto, Mampir saat Wisata Kuliner di Solo

Kompas.com - 20/07/2020, 15:35 WIB
Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam).

KOMPAS.com - Ayam Goreng Mbah Karto, salah satu kuliner populer di Kota Solo, harus didatangi saat berkunjung ke sini.

Tempat kuliner ini menjual ayam goreng kampung yang cita rasa yang tak berubah sejak pertama kali dibuka.

Baca juga: 7 Tempat Makan Ayam Goreng di Solo, Salah Satunya Ayam Goreng Mbah Karto

Bagaimana perjalanan kuliner legendaris Ayam Goreng Mbah Karto yang bertahan sampai sekarang?

Sejarah Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam Goreng Mbah Karto memulai perjalanannya di Kabupaten Sukoharjo. Tempat ini berupa rumah makan sederhana bernuansa Jawa, terlihat dari ruang makan utama yang berupa pendopo kayu.

Seperti pada warung pada umumnya, meja dan kursi kayu disediakan supaya pelanggan lebih nyaman saat makan.

Walaupun nampak sederhana, tetapi Ayam Goreng Mbah Karto berhasil bertahan sampai sekarang. Tempat makan ini melayani pelanggannya sejak 1960-an.

Melansir berita Kompas.com, tempat makan legendaris ini dikelola oleh generasi kedua keluarga Mbah Karto.

Walaupun dikelola oleh generasi kedua, tetapi menu dan racikan Ayam Goreng Mbah Karto tetap sama dengan generasi pertama.

Menu andalan

Ayam goreng kampung merupakan menu andalan di rumah makan ini. Nama rumah makan ini saja Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel.

Kelezatan ayam goreng Mbah Karto berkat pemilihan ayam sampai bumbunya. Sajian di sini menggunakan ayam kampung muda, lebih kurang berusia 3 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X