Kompas.com - 20/07/2020, 17:02 WIB
Single oritigin gift set dari Krakakoa. Dok. KrakakoaSingle oritigin gift set dari Krakakoa.

KOMPAS.com - Industri cokelat di Indonesia beberapa tahun belakangan kian maju. Bermunculan cokelat artisan yang menawarkan rasa, kemasan, dan nilai tambah.

Nilai tambah ini tak hanya didapat konsumen, melainkan juga petani, dan lingkungan.

Salah satu cokelat artisan yang meramaikan industri cokelat tanah air adalah Krakakoa.

Krakakoa menganut konsep "Farmer to Bar", bermitra dengan petani daerah Indonesia untuk membuat cokelat.

Baca juga: 5 Olahan Cokelat yang Praktis Dibuat di Rumah, Tidak Pakai Oven

Founder & CEO Krakakoa, Sabrina Mustopo, menjelaskan sebelum merintis Krakakoa ia bekerja sebagai konsultan manajemen multinasional berfokus pada sektor pertanian.

"Selama mengerjakan salah satu proyek saya di sana, saya belajar mengenai industri cokelat Indonesai dan belajar beberapa masalah yang ada," kata Sabrina kepada Kompas.com.

Permasalahan industri cokelat Indonesia yang dilihat Sabrina adalah produktivitas yang rendah, pendapatan petani yang kecil, kualitas biji cokelat yang buruk, dan praktik tanam tak berkelanjutan.

Hal tersebut membuat Sabrina tergerak, pasalnya saat itu Indonesia berada di peringkat tiga negara penghasil biji kakao terbesar di dunia. Namun tak lepas dari berbagai masalah.

"Saya percaya ada kebutuhan dan kesempatan untuk melakukan ini secara berbeda. Binis yang dapat memberi dampak positif, bermanfaat bagi petani dan menjaga lingkungan," kata Sabrina.

Baca juga: Sejarah Cokelat Bisa Ada di Indonesia

Dengan konsep tersebut, Krakakoa tak memiliki lahan untuk perkebunan kakao. Mereka bekerja sama dengan petani lokal yang memiliki kebun dengan luas 0,25 -2 hektar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X