Sistem Prasmanan di Restoran Hotel Masih Memungkinkan, Seperti Apa?

Kompas.com - 09/07/2020, 11:16 WIB
Prasmanan hidangan Nusantara dari RISS Yogyakarta. Dok. RISS YogyakartaPrasmanan hidangan Nusantara dari RISS Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) mulai berbenah diri mengikuti protokol kesehatan Covid-19 menyambut new normal.

Salah satu perubahan yang terjadi adalah pada sistem makan prasmanan di restoran atau restoran hotel.

Baca juga: Dilarang Sajikan Prasmanan, Rumah Makan Padang di Jakarta Atur Siasat

Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kurleni Ukar mengatakan, dirinya banyak mendapat pertanyaan mengapa sistem makan prasmanan tidak diizinkan dalam aturan protokol kesehatan.

Ia menegaskan, sebenarnya sistem prasmanan di hotel atau restoran masih memungkinkan untuk dapat dijalankan.

Namun dengan syarat ada petugas pelayan makanan prasmanan.

"Ini masih bisa dimungkinkan, karena ada kalimat berikutnya kalau kita lihat lagi yaitu, 'Apabila menerapkan sistem prasmanan atau buffet agar menempatkan petugas pelayanan pada stall yang disediakan dengan menggunakan masker serta sarung tangan'," jelasnya.

Baca juga: Jangan Lakukan 9 Hal Ini Ketika Makan di Restoran Era New Normal

"Jadi bukan tidak boleh sama sekali, tapi kalau bisa menyediakan ini ya silakan," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, terdapat protokol lainnya yang mengatur pengunjung dalam mengambil makanan.

Aturannya pengunjung akan dilayani oleh petugas dengan tetap menjaga jarak minimal satu meter.

Baca juga: Panduan Makan di Restoran pada Era New Normal

Penerapan protokol kesehatan di The Atjeh Connection Resto and Coffee Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 restoran di Jakarta yang membuka layanan makan di tempat harus menerapkan protokol kesehatan.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Penerapan protokol kesehatan di The Atjeh Connection Resto and Coffee Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 restoran di Jakarta yang membuka layanan makan di tempat harus menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, restoran atau hotel juga harus menyatakan dan meyakinkan bahwa semua peralatan makan wajib dibersihkan dan didisinfeksi sebelum kembali digunakan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X