Restoran Konsep Carhops dari Era 1950-an Kembali Digemari

Kompas.com - 26/06/2020, 13:01 WIB
Pramusaji bersepatu roda di restoran Sonic, konsep ini disebut Carhops. Dok. THE PATRIOT-NEWS/DAN GLEITER, Pramusaji bersepatu roda di restoran Sonic, konsep ini disebut Carhops.

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri restoran terdampak akan pandemi virus corona. Kini di era new normal, restoran harus beradaptasi menerapkan protokol kesehatan untuk menjamin keamanan pengunjung.

Uniknya, di masa pandemi ini, konsep restoran tahun 1950-an yaitu "carhops" kembali jadi tren di Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian dari Top Agency, konsep carhops ini diminati banyak orang saat masa pandemi lantaran dirasa lebih aman.

Konsep carhops memang terbilang asing di Indonesia, bahkan generasi muda Amerika Serikat. Carhops merupakan layanan dari restoran umumnya restoran cepat saji yang memungkinkan tamu makan di mobil.

Baca juga: Kangen Makan Steak? Restoran Steak di Jakarta Sediakan Layanan Makan di Mobil

Pramusaji restoran akan dengan sigap membawa makanan ke mobil tamu.

Saking sigapnya, pramusaji carhops tak jarang menggunakan sepatu roda untuk efisiensi waktu. 

Di Amerika Serikat restoran cepat saji yang masih menggunakan sistem carhops adalah Sonic, McDonald's, Taco Bell, Subway, Wendy's, Chick-Fil-a, dan Panda Express.

Beda dengan layanan drive thru, carhops memungkinkan pelanggan untuk parkir agak lama dan makan di area parkir restoran, tentunya di dalam mobil.

Tak jarang ada kait khusus di bawah nampan saji makanan agar menempel di jendela mobil. 

Restoran A&W salah satu pioner konsep carhops di Amerika Serikat.  Dok. A&W Restoran A&W salah satu pioner konsep carhops di Amerika Serikat.

Konsultan restoran dan pakar industri makanan Aaron Allen mengatakan kepada TODAY Food, restoran dipaksa untuk menjadi kreatif di masa pandemi.

Halaman:

Sumber Today
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X