Selamat Jalan Suhu Makanan Peranakan Tionghoa-Indonesia

Kompas.com - 26/06/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi lontong cap go meh, kuliner peranakan Tionghoa-Indonesia. Dok. Shutterstock/Ariyani TedjoIlustrasi lontong cap go meh, kuliner peranakan Tionghoa-Indonesia.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Aji "Chen" Bromokusumo, nama tersebut selalu mencuat setiap kali ada topik untuk artikel makanan peranakan Tionghoa-Indonesia.

Sebut saja serba-serbi ronde, kecap, mi, soto, atau pada hari-hari perayaan China layaknya Imlek dan Festival Musim Gugur. Pak Aji saya sebut, selalu jadi narasumber andalan.

Beliau tak lain adalah penulis buku Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara dan aktif tergabung dalam Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia.

Baca juga: Kecap Manis, Gubahan Indonesia Terhadap Resep Tiongkok

Dia masih "gercep" alias membalas dengan cepat segala pertanyaan tentang makanan pernakan Tionghoa-Indonesia.

Padahal posisinya beberapa tahun belakangan kian sibuk setelah menjadi Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan Fraksi PSI dan Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Selatan.

Pada 2018, Pak Aji pernah menjadi pembicara di program Weekender dari Kompas Travel. Kala itu temanya adalah Kuliner Peranakan x Betawi Lawas.

Dari acara itu saya semakin takjub. Rupanya Pak Aji bukan cuma narasumber yang jadi gudang ilmu. Ia juga pandai memasak.

KompasTravel mengadakan event ?Weekender? bertema ?Kuliner Peranakan X Betawi Lawas? dengan menghadirkan dua narasumber ternama di Kedai Sirih Merah, Jakarta, Sabtu (19/5/2018).KOMPAS.com / SRI ANINDIATI NURSASTRI KompasTravel mengadakan event ?Weekender? bertema ?Kuliner Peranakan X Betawi Lawas? dengan menghadirkan dua narasumber ternama di Kedai Sirih Merah, Jakarta, Sabtu (19/5/2018).

Justru Pak Aji yang menawarkan untuk demo memasak misua udang bagi peserta gelar wicara.

"Buat pengganti makan mi instan, misua lebih sehat, lebih enak juga," kata Pak Aji kala itu.

Saya juga ingat betul betapa menggebu obrolan kami tentang tur kuliner makanan peranakan. Segala ide saya yang terlalu banyak macam disanggupinya.

Baca juga: Mi Instan dan Sejarahnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X