Apa Itu QQ, Tingkat Kematangan Sempurna Pada Boba?

Kompas.com - 05/07/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi bubble tea ala Taiwan. SHUTTERSTOCK/GOWITHSTOCKIlustrasi bubble tea ala Taiwan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Demam bubble tea belum berakhir di Indonesia. Semakin banyak merek bubble tea luar negeri yang membuka gerai di Indonesia.

Sekitar dua tahun belakangan, rasa boba milk brown sugar menjadi tren. Isiannya tak lain adalah susu dan boba atau bola tapioka yang dimasak dengan brown sugar.

Dua komponen ini menjadi penentu kenikmatan bubble tea. Namun yang paling utama dan sering menjadi perhatian adalah boba atau bola tapioka.

Di dunia bubble tea, ada ungkapan " QQ" atau "Q" yang menandakan tingkat masak sempurna boba. Apakah itu?

Baca juga: Gerai Minuman R&B Tea dari China, Kini Hadir di Jakarta

Kualitas minuman boba diukur dari seberapa banyak daya kenyal yang dihasilkan dari sebuah boba hitam.

Seperti gagasan Italia tentang al dente untuk kematangan kenyal dari suatu pasta, konsep Q sulit untuk digambarkan dan diracik.

Boba dengan faktor Q yang tepat tidak terlalu lunak atau terlalu kenyal, tetapi memiliki jumlah gigitan yang tepat untuk menikmatinya. 

Dikutip dari Eatthis.com, boba yang baik juga harus memberikan pengalaman rasa yang menarik untuk penikmatnya.

Ketika boba dimasak terlalu matang, teksturnya akan berubah menjadi sangat lembek. Tak jarang boba setelah dimasak langsung dimasukkan ke pendingin agar teksturnya dapat kenyal. 

Baca juga: Mencoba Minuman Favorit dari R&B Tea, Cheese Brulee Brown Sugar Pearl Fresh Milk

Selain menjadi terlampau lembut. Boba juga tidak boleh dimasak kurang matang karena bahan dasar boba yang berasal dari tapioka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X